Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ini video amatir yang diambil petugas taman nasional bromo tengger semeru, saat memergoki dua turis asal Australia berjalan menerobos zona terlarang 1 kilo meter dari kawah Gunung Bromo. Foto: Farid Fahlevi
Tanpa Membeli Tiket, 2 Turis Asal Australia Terobos Zona Terlarang
Senin, 08-04-2019 | 12:33 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Berita Video : Tanpa Membeli Tiket, 2 Turis Asal Australia Terobos Zona Terlarang
Probolinggo pojokpitu.com, Lagi-lagi turis asal Australia nekat menerebos zana terlarang dengan memasuki kawasan radius 1 kilo meter dari kawah Bromo, beruntung petugas dari taman nasional bromo tengger semeru berhasil mencegat keduanya hingga tidak sampai naik ke kawah.

Selanjutnya petugas mengintrogasi di pos penjagaan. Ironisnya, kedua turis berjenis kelamin laki-laki dan perempuan ini masuk tanpa membeli tiket.

Peristiwa tersebut sempat direkam video yang diambil petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Petugas memergoki 2 turis tersebut berjalan menerobos zona terlarang 1 kilometer dari kawah Gunung Bromo.

Tampak dalam video berdurasi 20 detik ini, seorang turis pria terus berjalan dengan membawa kamera tanpa mengindahkan himbauan petugas, sedangkan turis perempuan berjalan didepannya.

Beruntung petugas berhasil menghalau keduanya dan selanjutnya dibawa ke pos penjagaan pintu masuk taman nasional, yang berada di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.  

Hasil dari penyelidikan petugas, ternyata kedua yang bernama Bennet Matthew Bruce dan pasangannya masuk, hingga turun ke lautan pasir tanpa membeli tiket. Mereka masuk dengan melewati jalur tikus yang biasa digunakan ojek kuda.

Kejadian ini berawal pada saat petugas berpatroli dikawasan radius aman 1 kilo meter, melihat kedua turis asal Australia tersebut berada dibawah anak tangga menuju kawah bromo. Khawatir kedua turis menaiki kawah bromo, petugas langsung mengejar kedua turis tersebut.

Menurut Subur Hari Handoyo, Kepala Resort Lautan Pasir Gunung Bromo TNBTS, beruntung pihaknya terus memantau sekitar kawah bromo, "Hasilnya kembali menemukan dua turis asal australi nekat menaiki bromo," ucap Subur Hari Handoyo.

Usai dimintai keterangan, kedua turis ini diwajibkan membeli tiket terlebih dulu, sebelum masuk ke area wisata alam gunung bromo.
 
Hingga saat ini kondisi gunung bromo masih dalam status waspada level 2, ketinggian abu vulkanik kisaran 100 sampai 600 meter dari bibir kawah.

Seismograp merekam gempa tremor masih terus terjadi dengan amplitudo 0.5 sampai 31 milimeter dominan 2 milimeter. (yos)

Berita Terkait


Festifal Seni Jaranan Jatilan Lereng Gunung Bromo Menghibur Pengunjung

Kawah Bromo Steril Dari Manusia, Pengunjung Dilarang Naik

Sempat Naik, Aktivitas Gunung Bromo Kembali Turun

Musim Kemarau, Badai Pasir Landa Kaldera Gunung Bromo


Festifal Seni Jaranan Jatilan Lereng Gunung Bromo Menghibur Pengunjung

Kian Lengkap, Ada Wahana Baru Balon Udara di Gunung Bromo

Jazz Gunung Bromo, Pagelaran Jazz di Suhu Dingin

Sempat Naik, Aktivitas Gunung Bromo Kembali Turun

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber