Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Seniman Lukis Memanfaatkan Potongan Rambut Manusia Sebagai Pengganti Cat Untuk Melukis
Minggu, 07-04-2019 | 00:10 wib
Oleh : Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Jika biasanya lukisan dibuat dengan bahan dasar cat, lain lagi dengan lukisan karya seniman asal Dusun Lugonto, Rogojampi, Banyuwangi, ini. Ahmad Dimyati atau lebih akrab disapa Nang Rambut, memanfaatkan material yang tidak lazim untuk karya seninya. Yakni, potongan rambut manusia yang ia dapatkan dari limbah tempat pangkas rambut.

Ditangan kreatif bapak satu anak ini, potongan rambut yang dicampur dengan adonan lem disulapnya menjadi sebuah karya seni lukis yang cukup unik dengan menggunakan sekop lukis. Diatas kanvas, lukisan dengan obyek wajah manusia hasilnya tampak detail seperti aslinya, meski bahan dasarnya bukanlah cat. Seperti halnya lukisan sang plokamator Sukarno, wajah Sukarno tampak mirip seperti aslinya.

Karena bahan dasarnya tidak lazim, tentu saja proses pengerjaannya cukup rumit. Menurut Dimyati, melukis dengan bahan dasar rambut tidak semudah melukis dengan bahan dasar cat air ataupun cat minyak.

"Butuh insting dan ketelatenan yang tinggi agar hasil karya lukisan yang dihasilkan serupa dengan obyek gambar yang dilukisnya," jelas Ahmad Dimiyati.

Hingga kini sudah ada puluhan karya seni lukis berbahan rambut yang dihasilkan dari tangan kreatif Dimyati sejak tahun 2014. Beberapa lukisannyapun sudah laku terjual hingga ke luar kota dengan harga yang bervariatif, mulai harga Rp 2 juta hingga belasan juta rupiah tergantung ukuran lukisan bagi pemesan. (yos)

Berita Terkait


Seniman Lukis Memanfaatkan Potongan Rambut Manusia Sebagai Pengganti Cat Untuk Melukis


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber