Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Setelah Deflasi, Di Bulan Maret Inflasi Jatim Melesat Hingga 0,16 Persen
Jum'at, 05-04-2019 | 09:14 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Setelah alami deflasi di bulan Februari hingga 0,18 persen, di bulan Maret, inflasi Jawa Timur justru melesat hingga 0,16 persen. Hal ini dipengaruhi sejumlah komoditi seperti tarif tiket pesawat , bawang merah , bawang putih, emas perhiasan hingga parfum.

Selama bulan Maret , Jawa Timur mengalami inflasi hingga 0,16 persen, melampaui inflasi nasional yang hanya 0,11 persen. Padahal di bulan Februari lalu, Jatim alami deflasi hingga 0,18 persen.

Dari 8 titik pengamatan Badan Pusat Statistik Jatim, inflasi terjadi di 5 wilayah, dan tertinggi di Kota Malang 0,36 persen, diikuti Banyuwangi 0,17 persen, dan Kediri 0,16 persen, Surabaya 0,15 persen dan Madiun 0,14 persen. Sedangkan deflasi terjadi 3 wilayah yakni Probolinggo 0,12 persen, Sumenep 0,07 persen dan Jember 0,06 persen.

Menurut Satriyo Wibowo, Kabid Distribusi Statistik BPS Jawa Timur, beberapa komoditi yang mempengaruhi  tingginya inflasi ini adalah naiknya harga tarif tiket pesawat, serta naiknya harga bawang merah dan bawang  putih karena kurangnya pasokan. Selain itu tarif KA, upah pembantu rumah tangga dan emas perhiasan juga termasuk. Bahkan uniknya , parfum juga termasuk dalam komoditi yang mempengaruhi inflasi.

"Sementara komoditi yang mempengaruhi deflasi adalah beras, daging ayam ras, dan ikan mujair, karena harganya turun," kata Satriyo Wibowo, Kabid Distribusi Statistik BPS Jawa Timur.

Satriyo menambahkan, menjelang bulan puasa pada awal Mei mendatang diwaspadai harga akan mengalami kenaikan, yang dikhawatirkan juga dapat mempengaruhi tingkat inflasi.(end)

Berita Terkait


Cabe Rawit Sumbangkan Andil Besar untuk Inflasi Jatim Bulan Juli 2019

Momen Lebaran, Inflasi Jatim pada Juni 2019 Hanya 0,13 Persen

Bulan Ramadhan, Jatim Alami Inflasi 0,29 Persen

Selama Bulan Ramadhan, TPID Jawa Timur Siapkan Langkah Antisipasi Kenaikan Inflasi


Tak Alami Inflasi, Jatim Justru Deflasi 0,01 Persen Pada Bulan September

BPS Kediri Prediksi Februari Masih Tetap Inflasi

Tarif Tiket Pesawat Dorong Nilai Inflasi Jawa Timur Awal 2019

Inflasi Kota Madiun Desember 2018 Dibawah Jawa Timur Dan Nasional

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber