Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Beredar SE Pelaksanaan Reses, Paripurna Banjir Intrupsi Penolakan Reses
Jum'at, 05-04-2019 | 08:13 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Pro kontra pelaksanaan reses DPRD Surabaya, ternyata masih berlanjut. Bahkan dalam pelaksanaan paripurna hari ini berlangsung panas. Hampir seluruh anggota dewan mengajukan intrupsi terkait keputusan pelaksanaan reses sebelum pemilu.

Paripurna DPRD Surabaya hari ini, yang dibanjiri intrupsi anggota DPRD Surabaya dikarenakan keluarnya pengumuman agenda reses pertama tahun 2019 DPRD Kota Surabaya. Dalam edaran pengumuman itu dicantumkan sesuai hasil keputusan rapat paripurna pada 2 April 2019, agenda reses dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 12 April 2019.

Imbas dari pengumuman itu, sejumlah anggota dewan diantaranya Sukadar Ketua Fraksi PDIP menegaskan keputusan tersebut cacat prosedur, dikarenakan mengambil keputusan di DPRD itu musyawarah mufakat, sedangkan dalam paripurna 2 April ada satu fraksi yang tidak setuju, artinya itu tidak mufakat. "Itu harus dilakukan voting, tapi yang terjadi pada paripurna lalu adalah voting fraksi, padahal voting itu harusnya person per person, itulah yang menjadikan keputusan tersebut cacat prosedur," tuturnya.

Sukadar menegaskan, sesuai tatib DPRD Kota Surabaya pasal 92 ayat 4 tahun 2018 mengatur tentang jadwal reses ditetapkan oleh Pimpinan DPRD setelah mendengar masukan banmus (badan musyawarah) dan tidak bisa begitu saja ditetapkan di paripurna.

Paripurna tidak hanya banjir intrupsi, bahkan pimpinan rapat Masduki Toha sempat emosi dikarenakan adanya anggota dewan yakni Zakaria yang ngotot keputusan paripurna tidak bisa dianulir.

Pelaksanaan paripurna yang berlangsung alot, akhirnya pimpinan memutuskan melakukan voting setuju atas keputusan reses sesuai hasil paripurna 2 April atau menganulir hasil keputusan tersebut dan dikembalikan ke Banmus. Hasil voting hanya 3 anggota dari fraksi PKS setuju dengan keputusan tersebut, sedangkan 19 anggota memilih menganulir keputusan tersebut.

Masduki Toha, Wakil Ketua DPRD Surabaya menuturkan, paripurna hari ini telah memutuskan menganulir keputusan agenda reses pada paripurna 2 April dan keputusan ini sesuai aturan yang ada karena hasil dari voting yang dilakukan terbuka, dari keputusan ini agenda reses 8-12 April dibatalkan dan akan dilakukan pembahasan kembali di Banmus.(end)

Berita Terkait


Beredar SE Pelaksanaan Reses, Paripurna Banjir Intrupsi Penolakan Reses

DPRD Bojonegoro Gelar Paripurna Hasil Reses

Rawan Jadi Ajang Kampanye, Panwaslu Soroti Reses DPRD

Reses Ricuh, Ketua DPC Nasdem Tolak Reses Karena Dianggap Langkahi Partai


Panwaslu Madiun Pastikan Kegiatan di Rumah Amanto Adalah Reses

Reses Dewan Diduga Ditumpangi Kampanye Mahardika

Rawan Jadi Ajang Kampanye, Panwaslu Soroti Reses DPRD

Reses Anggota DPRD Jatim Dapat Kejutan Dari Guru Madin

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber