Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Dewan Protes Walikota 1 Tahun Tidak Hadir Paripurna
Selasa, 02-04-2019 | 18:27 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Paripurna DPRD Surabaya hari ini diwarnai aksi protes anggota DPRD Surabaya terkait Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang sudah 1 tahun tidak pernah menghadiri rapat paripurna. Bahkan pengesahan APBD pun tidak hadir. Anggota meminta pimpinan mempertanyakan ketidakhadiran itu, apalagi posisi dewan dengan Walikota ini sejajar, bukan malah melakukan pembiaran.

Hari ini merupakan paripurna PA (pendapat akhir) fraksi terkait raperda KTR (kawasan tanpa rokok) namun paripurna diwarnai aksi protes anggota DPRD Surabaya dari fraksi PAN Sudirjo saat akan membacakan PA fraksi.

Sudirjo menyampaikan protes atas ketidakhadiran Walikota Surabaya selama 1 tahun pelaksanaan paripurna DPRD Surabaya. Bahkan setiap pengesahan APBD yang menyangkut kepentingan masyarakat Surabaya pun Walikota dua periode itu tidak hadir.

Politisi yang duduk di Komisi D DPRD Surabaya ini menegaskan, tidak seharusnya pimpinan DPRD Surabaya melakukan pembiaran atas ketidakhadiran Walikota Surabaya, apalagi segala kebijakan itu diteken jeda belah pihak antara legislatif dan eksekutif, yakni Walikota Surabaya.

"Untuk itu, pimpinan harus melakukan hak-haknya misal hak interpelasi, agar  Walikota Surabaya Tri Rismaharini bisa menghargai dan menghormati keberadaan lembaga legislatif ini, bukan malah Walikota tidak menghargai DPRD Surabaya yang menjadi kontrol eksekutif," kata Sudirjo, anggota DPRD Surabaya.

Dari protes itu, fraksi PAN memutuskan tidak membacakan PA fraksi dan meminta Walikota membaca sendiri.

Sementara itu, Sekkota Surabaya, Hendro Gunawan mengatakan, Walikota hari ini tidak bisa hadir dikarenakan ada kegiatan di luar negeri, yakni di Rusia. Sedangkan Wakil Walikota sedang dalam kondisi sakit. "Selama ini Walikota tidak bisa hadir di rapat paripurna dikarenakan ada kegiatan yang tidak bisa diwakilkan," ucap Hendro Gunawan, Sekkota Surabaya.

Berita Terkait


KPK Tolak Paripurna Terkait Pelemahan KPK

Paripurna Terakhir Sebagai Ajang Pamitan Anggota Dewan yangg Tidak Terpilih

Satu Tahun Tidak Hadiri Paripurna, Pasca Sakit Walikota Hadir

Banyak Belum Datang, Rapat Paripurna Molor 2 Jam


Festival Tumpeng Paripurna, 4 Warna Sebagai Warisan Kerajaan Majapahit

Fraksi PDIP dan Golkar Angkat Bicara Soal Paripurna Gagal Dua Kali

4 Dewan Tersangkut Kasus Jasmas Absen Paripurna, Tapi Ikut Kunker

Mahasiswa Demo, Pertanyakan Alasan Paripurna DPRD di Hotel Bintang Lima

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber