Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Soekarwo: Wisata Buaya Boleh Asal Tidak Membahayakan
Selasa, 09-06-2015 | 18:13 wib
Oleh : Selvy Wang
surabaya pojokpitu.com, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengijinkan rencana wisata buaya muara di hulu Sungai Porong. Namun tentunya Bupati Sidoarjo, warga, dan dinas terkait menjamin keamanan pengunjung di lokasi.

Gubernur menegaskan, nyawa manusia tetap menjadi yang utama. Menurutnya keselamatan pengunjung harus diutamakan dan jangan hanya mengutamakan pendapatan desa.
 
Untuk itu, jika warga Dusun Awar Gunting, Desa Tambak Rejo, Porong bersikukuh membuat kampung mereka sebagai tempat wisata, harus memenuhi izin konservasi dan wisata. "Terserah saja mau dibikin wisata, asal BKSDA (Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam) mengizinkan. Kalau di situ mau dibuat, harus ada pengamannya," jelasnya 
 
Gubernur juga mengingatkan akan keseimbangan ekosistem si buaya. Jangan sampai hewan itu terganggu . "Pertimbangannya, jangan merusak ekosistem. Jangan sampai buaya itu nggak ada makanannya, lalu lama-lama mati," imbuhnya.
 
Selain itu, ketersediaan hayati bagi hidup satwa harus diperhatikan. "Apakah makanannya ada atau tidak, habitat sungai itu tetap aman.  Bukan hanya keselamatan manusia, tapi keselamatan hewan juga dipikirkan," tutur Soekarwo.
 
Keinginan warga didasarkan pada anggapan bahwa buaya tak berbahaya. Mereka mengaku sudah terbiasa berinteraksi dengan buaya sehingga warga menolak evakuasi buaya oleh BKSDA Jawa Timur.(ern/*#)

Berita Terkait


Soekarwo: Wisata Buaya Boleh Asal Tidak Membahayakan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber