Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Soal Aturan Baru Tarif Ticket Pesawat, Menhub Bilang Gini
Senin, 01-04-2019 | 07:15 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan dua aturan baru terkait tarif pesawat pada Jumat (29/3) lalu. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, aturan tersebut merupakan bentuk perhatian pihaknya terhadap masyarakat dan keberlangsungan bisnis Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU).

Kedua aturan yang telah diundangkan tersebut yaitu  Peraturan Menteri Nomor PM 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kemudian Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 72 Tahun 2019 Tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

"Kemenhub sangat peduli dengan kebutuhan masyarakat/konsumen untuk melakukan perjalanan dengan pesawat udara. Di sisi lain kami juga melindungi keberlangsungan Badan Usaha Angkutan Udara," ujar Budi.

Di samping itu, pemerintah secara kontinyu telah melakukan pengamatan terhadap adanya kecenderungan tarif pesawat yang tinggi dan telah melakukan pembahasan dengan pihak-pihak terkait, termasuk maskapai, untuk menjaga agar daya beli masyarakat tidak terganggu.

Dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan memberi mandat kepada Kemenhub selaku regulator untuk mengatur tarif.

Mandat tersebut diberikan kepada pemerintah guna melindungi konsumen dan untuk menghindari praktik-praktik perdagangan tidak sehat.(chi/jpnn/end)

Berita Terkait


Soal Aturan Baru Tarif Ticket Pesawat, Menhub Bilang Gini


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber