Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Pemilih Disabilitas Mempunyai Hak Pilih
Sabtu, 30-03-2019 | 18:01 wib
Oleh : Nova Sari dan Aris Rahmatullah
Surabaya pojokpitu.com, Pesta demokrasi pemilu sebentar lagi akan berlangsung, warga negara yang memenuhi syarat berhak menyalurkan hak suaranya, termasuk diantaranya bagi warga difabel. Dalam surat suara untuk Presiden dan DPD, KPU membuat tanda khusus agar mudah digunakan oleh pemilih tuna netra.

Menjelang penyelenggaraan pemilu, KPU surabaya giat melakukan sosialisasi bagi kaum difabel. Di Surabaya sendiri ada sekitar 3.650 pemilih penyandang disabilitas, yang akan menyalurkan hak suaranya di pemilu nanti.
 
Menurut Muhammad Kholid Asyadulloh, anggota divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Surabaya, dari total pemilih difabel terbanyak adalah tuna daksa yaitu seribu 149 pemilih, berikutnya tuna netra sebanyak 201 orang, bisu tuli 362 orang, grahita 301 orang, dan difabel lainnya seribu 637 orang.

"Jumlah pemilih penyandang disabilitas di Surabaya sudah terindentifikasi," kata Muhammad Kholid Asyadulloh.
 
Para penyandang disabilitas ini, mendapatkan penjelasan bagaimana tata cara untuk melakukan pilihan pada pemilu nanti. Sayangnya hingga akhir Maret ini, belum ada contoh surat suara yang ada cetak braillenya.
 
Dalam surat suara nanti untuk Presiden dan DPD, akan ada tanda khusus bagi penyandang tuna netra. Sayangnya hal itu tidak berlaku untuk surat suara calon legeslatif. Pada surat suara legeslatif tidak ada huruf braillenya.  
 
Nantinya para penyandang disabilitas, akan diberi hak untuk memilih pendamping untuk ikut di TPS. Pendamping bisa saja perawat, petuigas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), maupun keluarganya.

Para pendamping ini akan mengisi formulir yang sudah disiapkan oleh KPU dan mereka dibawah sumpah, sesuai ketentuan yang berlaku. Diantaranya tidak membocorkan pilihan yang dilakukan pemilih difabel.
 



Berita Terkait


Pemilih Disabilitas Mempunyai Hak Pilih


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber