Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

BMKG Himbau Angin Kencang Dampak Adanya Badai Veronica
Sabtu, 30-03-2019 | 04:24 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur menghimbau ke penguna jalur transportasi laut dan masyarakat pesisir laut serta nelayan, untuk lebih berhati-hati dengan adanya angin kencang di perairan dampak dari badai veronica di perairan Australia. Meskipun dampaknya tidak langsung, namun angin kencang tersebut berpotensi besar terjadi di beberapa perairan Indonesia terutama wilayah selatan Samudra Indonsia dan Laut Jawa.

BMKG Juanda  menghimbau pada para penguna jasa tranportasi laut masyarakat pesisir laut serta nelayan, supaya berhati-hati dengan fenomena alam berupa angin kencang dengan kecepatan antara 40 hingga 50 kilometer perjam, yang terjadi baik malam maupun siang hari di selatan Indonesia.

Rendi Erwandi, prakirawan BMKG Juanda, menjelaskan, dari pantauan BMKG Juanda untuk badai veronika sendiri terjadi  di perairan selatan Indonsia. "Fenomena alam ini ditandai dengan terjadinya perubahan  angin kencang di perairan laut jawa dengan kecepatan diatas 20 kilo meter perjam," jelas Rendi Erwandi.

Selain terjadi peningkatan kecepatan angin  diatas 20 kilometer perjam, tim  BMKG juga memprediksi untuk sepekan kedepan tinggi gelombang mencapai 3,5 meter dan timur laut jawa ketingian mencapai 2 meter yang disebabkan oleh peristiwa alam badai veronica yang terjadi di perairan australia.

Untuk itu para nelayan agar perlu di himbau waspada terhadap tinggi gelombang diwilayah tersebut. Kondisi ini terjadi hingga dua hari kedepan.

Meskipuan dampaknya tidak lansung, namun BMKG jawa timur mengharapakan agar masyarakat lebih waspada terhadap kondisi perubahan cuaca extrim. (yos)

Berita Terkait


Cuaca Buruk, Pelabuhan Jangkar Tutup Sementara Pelayaran Tujuan Pulau Madura

Cuaca Buruk Melanda Perairan Gresik dan Bawean Hingga Tiga Hari Kedepan

Anomali Cuaca, Petani Melon Merugi

Lahan Kering, Petani Beralih Profesi Jadi Pencari Pasir dan Batu


BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Dini, Terkait Cuaca Ekstrem

Akibat Cuaca Ekstrem Pohon Tumbang Diberbagai Titik

Awal Musim Hujan Akan Tiba, BMKG Waspadai Cuaca Ekstrem

Cuaca Ekstrem Mengakibatkan Tanaman di Lereng Semeru Mati

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber