Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Floathink In Harmony, Sebuah Karya 2 dan 3 Dimensi Mahasiswa dan Seniman Rupa
Jum'at, 29-03-2019 | 09:15 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Berita Video : Floathink In Harmony, Sebuah Karya 2 dan 3 Dimensi Mahasiswa dan Seniman Rupa
Surabaya pojokpitu.com, Kemudahan berinteraksi dengan arus informasi serta derasnya pengaruh budaya luar di satu sisi, dan menjaga identitas bangsa di sisi lain, menginspirasi para mahasiswa dan seniman rupa untuk menghasilkan karya seni. Karya ini kemudian divisualisasikan dalam sebuah karya dua dan tiga dimensi.

Sebanyak 30 karya 2 maupun 3 dimensi, hasil karya dari 15 mahasiswa Ciputra dan beberapa seniman rupa asal Surabaya ini dipamerkan di Galeri Paviliun House Of Sampoerna. Karya yang dihasilkan ini, terinspirasi dari perbedaan cara pandang dalam menyikapi tren, dalam menghadapi perubahan dan derasnya pengaruh budaya luar agar identitas bangsa dapat terjaga.

Floathink In Harmony, tema ini diangkat sebagai gambaran bagaimana kita mengejar, terbang dan melayang dalam mengikuti laju perkembangan teknologi. Akan tetapi di sisi lain, timbul harapan agar tetap menapak dan berakar pada prinsip dan norma.

Salah satu karya lukisan Valentina Weyland berjudul "In the dark" bercerita tentang budaya dan suasana. Sedangkan, karya Henry Trisula, yaitu berjudul Menuju Masa Depan, Melestarikan Masa Lalu, yang terinspirasi terhadap pelestarian budaya di tengah kemajuan teknologi dalam media digital on canvas.

Lain halnya dengan Jenny Lee, seniman rupa spesialis keramik tiga dimensi ini menampilkan karya fenomenalnya, yaitu Spirit In My Cup. Seniman perempuan, sekaligus seorang dosen ini mencoba menggambarkan baik buruknya pikiran dan suasana hati disatukan menjadi semangat dalam hidup. Selain itu, perempuan yang menggeluti dunia seni sejak tahun 2002 ini, juga memamerkan karya 3 dimensinya berjudul "Growth".

Meski minat masyarakat terhadap seni karya dua dan tiga dimensi tidak begitu besar, namun bagi Ririn, pengunjung pameran, mengaku tertarik datang untuk melihat karya 2 dan 3 dimensi ini, selain karena suka terhadap dunia seni. "Karya yang ditampilkan juga cukup bagus," kata Ririn.

Sementara, pihak galeri paviliun House Of Sampoerna, pameran ini digelar karena ingin peduli dalam mengembangkan serta pelestarian seni dan budaya di Surabaya.(end)

Berita Terkait


Floathink In Harmony, Sebuah Karya 2 dan 3 Dimensi Mahasiswa dan Seniman Rupa

Lukisan Ampas Kopi, Jadi Buruan Kolektor Dalam dan Luar Negeri

Hilang 14 Tahun Silam, Lukisan Legendaris Ditemukan di Rumah Bos Narkoba


Kendang Karya Seniman Ini Dipesan Sampai ke Luar Pulau

Belasan Karya Seni Dipamerkan di Galery Raos

Timur Establish, Keragaman Karya Seniman Jatim

Pemeran Seni Lukis Dan Karya Seni Anak Tuna Netra

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber