Berita Terbaru :
   

BBKSDA Gagalkan Penyelundupan Satwa Dilindungi
Peristiwa  Kamis, 28-03-2019 | 17:09 wib
Reporter : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) mengamankan 35 spesies hewan langka yang dilindungi. Enam di antaranya komodo yang didapat dari bukti hewan selundupan, yang berhasil digagalkan aparat Polda Jawa Timur. Dalam jangka waktu dekat akan segera dilepasliarkan oleh pihak BBKSDA Jawa Timur. Pelepasan ini akan dilakukan, setelah seluruh hewan yang masuk dalam daftar spesies dilindungi tersebut, dipasangi dengan chip untuk mengetahui keberadaan hewan tersebut.

Sebanyak 35 spesies dilindungi, berhasil digagalkan penyelundupannya oleh aparat Kepolisian Polda Jawa Timur, 33 hewan tersebut kini sudah berada di BKSDA Jawa Timur, untuk menjalani penangkaran sementara dan perawatan.
 
Ke 33 hewan tersebut antara lain, 4 komodo, dan 28 burung, dari 8 jenis burung, serta 1 binturong. Sementara 2 komodo lainnya, terpaksa dititipkan ke Jatim Park, karena tempat penangkaran di BBKSDA tidak mencukupi.
 
Menurut Kepala BBKSDA, Nandang Prihadi, Jawa Timur sendiri diduga merupakan tempat transit perdagangan hewan-hewan selundupan, yang hendak diperjualbelikan secara ilegal ke luar negeri.
 
"Hal ini disebabkan Jawa Timur merupakan daerah strategis, sebelum hewan-hewan yang memiliki nilai jual tinggi ini, akan kembali melanjutkan perjalanan, ke tangan para penadah di dalam negeri, maupun di luar negeri," kata Nandang Pribadi, Kepala BBKSDA Jatim.
 
Untuk barang bukti yang disita dari 8 tersangka, kini telah diamankan di Mapolda Jawa Timur. Dalam jangka waktu dekat akan segera dilepas liarkan ke habitat awalnya.
 
Hal ini dilakukan setelah pihak BBKSDA Jawa Timur, memberi alat sensor, atau chip, guna mengetahui keberadaan hewan-hewan liar tersebut.(end)
 



Berita Terkait

BBKSDA Gagalkan Penyelundupan Satwa Dilindungi
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Marah, Kapolda Copot Oknum Kapolsek Karena Tertidur Saat Rapat Dengan Walikota
Pojok Pitu

H-2 Lebaran, Stasiun Gubeng Surabaya Sepi Penumpang
Pojok Pitu

PSBB Surabaya Raya Bisa Diperpanjang, 2 Tahap Sebelumnya Dinilai Tak Efektif
Jatim Awan

Unik, Anak Anak Ini Berebut Uang Lebaran di Pagar Rumah Warga
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber