Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Beginilah kondisi aktifitas gunung bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, yang masih terus menyemburkan asap bercambur material abu, belerang, air dan silika. Foto: Farid Fahlevi
Warga Lereng Bromo Masih Aman Mendapatkan Air Bersih
Kamis, 28-03-2019 | 16:19 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Aktifitas gunung bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur sampai saat ini masih fluktuatif. Hanya saja, pada Kamis (28/3) pagi, semburan asap dari kawah bromo terlihat menipis dengan ketinggian 50 sampai 700 meter dari bibir kawah. Meski terus erupsi, warga terdampak yang bermukim di lereng bromo masih aman mengkosumsi air bersih. Sampai sejauh ini mata air di sekitar bromo belum tertutup abu.

Hanya saja semburan asap tidak setebal hari-hari sebelumnya, pada Kamis pagi asap menyembur tipis dengan ketinggian 50 sampai 700 meter dari bibir kawah.

Secara visual terlihat asap menyembur dengan tekanan lemah teramati putih, kelabu kecoklatan dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal. Arah asap, utara, barat dan barat laut.
Kawah terlihat menganga dengan garis tengah kurang lebih 800 meter utara-selatan, sekitar 600 meter timur-barat. Sedangkan jari-jari lingkaran kurang lebih 4 kilo meter dari pusat kawah yang berbentuk kerucut.

Dari data seismograph, gempa tremor menerus masih terus terjadi dengan amplitudo maksimal 0,5 sampai 10 mili meter, dominan 1 mili meter.

Meski warga di lereng bromo terus diguyur hujan abu, namun pasokan air bersih dari mata air di sekitar bromo masih terjaga dengan baik.

Warga di Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura misalnya, sebnayak 1.500 warganya masih aman mengkosumsi air bersih. Sejumlah tandon air tetap mengalir.

Menurut Sri Hartini, warga Desa Ngadirejo, sampai sejauh ini air yang mengalir di tandon-tandon desa masih mengalir dan kondisinya bersih tidak bercambur abu.

Sementara itu menurut Yulius Christian, Camat Sukapura, untuk stok pasokan air dari mata air bromo masih aman. "Hanya saja, yang ditakutkan pipa-pipa tertimpa pohon tumbang," jelas Yulius Christian.

Pihak kecamatan dan badan penanggulangan bencana setempat sudah menyiagakan truk-truk pengangkut air bersih, jika sewaktu-waktu warga membutuhkan. (yos)



 


Berita Terkait


Musim Kemarau, Lautan Pasir Gunung Bromo Diterjang Angin Kencang

Libur Akhir Pekan dan Libur Sekolah Gunung Bromo Dibanjiri Pengunjung

Libur Akhir Pekan Dengan Menikmati Matahari Terbit dan Bunga Es di Gunung Bromo

Semakin Dingin Lautan Pasir Bromo Manjadi Lautan Serbuk Es


Rentan Terkena Hipotermia, Pengunjung Gunung Bromo Wajib Pakai Jaket Tebal

Embun di Kawasan Gunung Bromo Membeku

Paguyuban Jeep Tumpang Monopoli Angkut Penumpang ke Gunung Bromo

Puncak Libur Lebaran, Gunung Bromo Dipadati Wisatawan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber