Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Edarkan Uang Palsu di Pasar, Sugiarti Ditangkap Serse Polres Blitar
Rabu, 27-03-2019 | 02:20 wib
Oleh : Mochammad Asrofi, Imron Danu
Blitar pojokpitu.com, Kenal melalui media sosial facebook dan dijanjikan akan dinikahi, seorang perempuan asal Jawa Tengah nekat edarkan uang palsu di Pasar Srengat Kabupaten Blitar, dari kekaksihnya. Pelaku sempat membeli beberapa kebutuhan dapur, sebelum diamankan oleh pedagang yang curiga.

Peristiwa penangkapan pelaku pengedar uang palsu yang dilakukan oleh pengedar sempat terekam vidio salah satu warga, sontak pasar srengat menjadi gaduh dan ramai-ramai ingin melihat pelaku pengedar uang palsu.

Beruntung pelaku tidak sampai dihajar oleh para pedagang, yang emosi karena dagangannya dibeli pelaku menggunakan uang palsu. Pelaku selanjutnya diserahkan ke pihak kepolisian resort blitar kota.

Pelaku diketahui bernama Sugiarti (41) warga Kabupaten Purbalingga-Jawa Tengah. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan empat lembar uang palsu senilai empat ratus ribu, uang kembalian dari pedagang, beberapa jenis sayuran, tempe, jajanan, kacang tanah yang dibeli pelaku dengan uang palsu.

Dihadapan petugas, pelaku mengaku berdalih membeli dengan uang palsu karena uang palsu tersebut diberikan oleh pacarnya. Selian itu, ia juga tidak punya ongkos untuk pulang ke rumahnya. Ia mendapatkan uang palsu dari pacarnya yang bernama Wardi warga kediri, yang berjanji akan menikahinya.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, mengatakan, pelaku awalnya kenal dengan seseorang di Jakarta dan kemudian mereka berpacaran dan berjanji akan menikah.

"Pelaku lalu diminta datang ke Kediri dan selanjutnya pelaku diberi uang palsu delapan ratus ribu, untuk berbelanja di pasar. Kita juga menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap peredaran uang palsu apalagi menjelang pemilu," jelas AKBP Adewira Negara Siregar.

Kini petugas masih mengembangkan kasus ini, untuk menangkap pacar pelaku, yang sudah diketahui identitasnya. Sementara pelaku akan dijerat dengan pasal 36 uu ri nomor 7 tahun 2011, tentang mata uang dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. (yos)

Berita Terkait


Edarkan Uang Palsu di Pasar, Sugiarti Ditangkap Serse Polres Blitar

Polres Bojonegoro Ungkap Kasus Curanmor dan Uang Palsu

Tiga Pelaku Pengedar Upal Berhasil Diamankan Polisi

Edarkan Uang Palsu, Polisi Amankan Warga Petemon


BI Jatim: Sosialisasi Masif, Upal Turun

Tangkap Dua Pengedar, Polisi Sita Upal Rp 2,2 Juta

Puluhan Juta Upal dan Seorang Pengedar Diamankan Petugas

Download Lalu Diprint , Begitu Mahasiswa Ini Cetak Upal sendiri

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber