Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Tradisi bedah sumber menjadikan telaga peninggalan sejarah mojopahit ini menjadi destinasi wisata desa.Foto Amin
Bedah Sumber, Warga Beramai Ramai Berebut Ikan di Dalam Telaga
Senin, 25-03-2019 | 12:11 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Berita Video : Bedah Sumber, Warga Beramai Ramai Berebut Ikan di Dalam Telaga
Mojokerto pojokpitu.com, Ribuan warga Desa di Kecamatan Ngoro,Kabupaten Mojokerto, beramai ramai berebut menangkap ikan di dalam telaga Sumber Wuluh desa setempat. Tradisi bedah sumber dilakukan setiap tahun, sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

Hampir seluruh warga bermai ramai masuk ke dalam telaga sumber wuluh, untuk menangkap berbagai jenis ikan di dalam telaga. Dalam tradisi bedah sumber, juga diikuti anak anak dan orang dewasa. Bahkan, para orang tua juga ikut menceburkan diri dan saling berebut menangkap ikan. Sehingga membuat tradisi tahunya ini menjadi tontonan yang menarik bagi warga.
 
Jenis ikan, terdiri dari ikan tombro, mujaer nilam hingga lele. Bahkan sebagian warga ada yang mendapatkan ikan hingga 2 kilogram.

Menurut Suparman warga setempat, tradisi bedah sumber dengan menangkap ikan merupakan tradisi tahunan Warga Wonosari, Kecamatan Ngoro. Tradisi ini sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen padi tahun ini yang melimpah.

Antusias warga dalam bedah sumber ini sudah ada sejak peninggalan Kerajaan Mojopahit. Diharapkan tradisi terus dilakukan di telaga sumber wuluh agar menjadi destinasi wisata desa. (pul)

Berita Terkait


Bedah Sumber, Warga Beramai Ramai Berebut Ikan di Dalam Telaga


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber