Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Foto Ilustrasi.dok pojokpitu.com
Mulai Hari Ini PTPS Jatim Siap Dilantik Serentak
Senin, 25-03-2019 | 09:24 wib
Oleh : Ahmad Ramadhan
Surabaya pojokpitu.com, Jelang hari pemungutan suara Pemilihan Umum 2019 tgl 17 April 2019, Bawaslu Jawa Timur terus bersiap diri. Keberadaan Pengawas TPS pada garda terdepan kini memasuki tahap pelantikan. Senin (25/3), Pengawas TPS se-Jawa Timur siap ditetapkan dan dilantik secara serentak.

Total Pengawas TPS yang dimiliki Bawaslu Jawa Timur sejumlah 130.208 personil. Mereka akan berada di seluruh TPS yang tersebar di 8.497 desa/kelurahan pada 666 kecamatan se Jawa Timur. "Mereka bertugas sejak 23 hari sebelum hingga 7 hari setelah pemungutan suara. Jadi pas 30 hari PTPS kami mengawal demokrasi di Jawa Timur," ujar Moh Amin, ketua Bawaslu Jawa Timur.

Proses rekrutmen Pengawas TPS di Jawa Timur menurut Amin memang diwarnai dinamika. Amanah Undang-undang 7 tahun 2007 yang mengharuskan usia minimal 25 tahun dengan pendidikan minimal SMA sederajat sempat menemui hambatan di beberapa wilayah. Namun jajaran Bawaslu Jawa Timur berkomitmen menjalankan proses rekrutmen sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI nomor 0027/K.BAWASLU/HK.01.001/I/2019. "Memang sempat ada SK nomor 0071/K.BAWASLU/HK.01.001/I/2019 yang memberikan waktu perpanjangan gelombang II. Selanjutnya semua PTPS terpilih gelombang 1 serta gelombang perpanjangan akan dilantik serentak Senin lusa," tegasnya.

Pascapelantikan 25 Maret mendatang, semua Pengawas TPS tersebut akan menjadi garda terdepan pengawasan proses demokrasi di Jawa atimur. Mereka akan melakukan pengawasan berbasis TPS mulai dari persiapan pemungutan suara. "Pentingnya tugas, kewajiban dan wewenang yang dimiliki PTPS tersebut akan kami awali dengan bimtek dan pembekalan setelah pelantikan. Kami sudah siapkan trainer-trainer terlatih mulai dari Bawaslu Kabupaten hingga Panwaslu Kecamatan," terang Amin.

Pria kelahiran Sumenep Madura tersebut menambahkan, Pengawas TPS juga punya peran penting saat pelaksanaan pemungutan suara. Pengawas TPS juga bakal mengawal penghitungan suara. "Jadi di pundak PTPS tersebut, setiap suara akan dikawal dari awal hingga akhir. Bahkan PTPS akan memastikan mobilisasi logistik (kotak suara, red) akan kembali ke PPK melalui PPS dengan lancar," harap Amin.

Bukti kesiapan SDM Bawaslu Jawa Timur hingga level Pengawas TPS menurut Amin akan menjadi modal utama suksesi pesta demokrasi 2019.  "Pengawas pemilu sudah siap, semoga KPU dan jajarannya juga siap dan tak kalah pentingnya para kontestan pemilu juga siap kalah terhormat dan menang bermartabat," pungkasnya. (pul).

Berita Terkait


Kabar AdaTemuan, Bawaslu Jatim Masih Tunggu Laporan Panwascam

Bawaslu Kabupaten Madiun Lantik PTPS Pemilu 2019

Mulai Hari Ini PTPS Jatim Siap Dilantik Serentak

Komisioner Bawaslu Bebas, Kejaksaan Akan Kasasi Ke MA


Kecam Premanisme terhadap Panwascam Pamekasan, Bawaslu Jatim Keluarkan Pernyataan Sikap

Ribuan DPT Ganda Ditemukan Bawaslu Jatim

Tidak Masuk DPT, Bawaslu Jatim Jamin Ratusan Napi Bisa Memilih

Seleksi Penambahan Anggota Bawaslu Jatim Sudah Dibuka

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber