Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Beginilah suasana saat pengunjung asal luar negeri berusaha tetap naik ke kawah gunung bromo meski, gunung eksotik ini tengah erupsi. Foto: Farid Fahlevi
Turis Asal Jerman Nekat Terobos Petugas Jaga Gunung Bromo dan Banting Petugas
Minggu, 24-03-2019 | 06:15 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Inseden turis asing nekad menerobos batas aman radius 1 kilo meter bromo erupsi di Kabupaten Probolinggo kembali terjadi. Kali ini, 2 turis asing asal Jerman menerobos penjagaan petugas.

Bahkan turis laki-laki tersebut sempat membanting petugas yang menghalaunya. Pasca inseden ini, yang bersangkutan langsung meminta maaf melalui rekaman video.

Dalam rekaman  memperlihatkan turis asal Jerman ini ngotot mau naik, meski petugas menjelaskan bahwa batas aman radius 1 kilo meter.

Tidak mau menjelaskan petugas, yang bersangkutan tetap berjalan memasuki zona terlarang, tepanya dibawah anak tangga menuju kawah.

Awalnya kedua belah adu mulut, namun karena ngotot tidak mengindahkan larangan petugas akhirnya petugas terus mendesak turis asing ini.

Mungkin karena kesal, yang bersangkutan sempat membanting petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hingga terjatuh. Kalah tenaga, akhirnya petugas mengirim pesan singkat ke anggota polisi.

Akhirnya kedua turis laki-laki dan perempuan ini berhasil diamankan tepat di sekitar anak tangga. Selanjutnya melalui rekaman video petugas, keduanya meminta maaf telah melanggar zona berbahaya.     

Menurut Subur Hari Handoyo saat dikonfimasi melalui ponselnya, yang bersangkutan sudah minta maaf atas insiden saling dorong tersebut. pihak TNBTS tidak memberi sangsi pada keduanya.

Sementara pada libur weekend ini, gunung bromo yang tengah erupsi justru ramai di kunjungi wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Di luatan pasir atau kaldera jarak aman 2 kilo meter dari kawah bromo, justru menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto ria. 

Kepala Seksi 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Sarmin mengatakan, pasca terjadinya dua inseden turis asing meneronos zona bahaya, pihaknya akan meningkatkan patroli ke area tangga Bromo.

Secara visual bromo terus menyeburkan asap pekat kelabu pekat mengarah ke timur laut ke tenggara. Gempa tremor menerus menunjukkan amplitudo 0,5 sampai 12 milimeter, dominan 2 mili meter. Status waspada level 2 jarak aman 1 kilo meter. (yos) 





Berita Terkait


Festifal Seni Jaranan Jatilan Lereng Gunung Bromo Menghibur Pengunjung

Kawah Bromo Steril Dari Manusia, Pengunjung Dilarang Naik

Sempat Naik, Aktivitas Gunung Bromo Kembali Turun

Musim Kemarau, Badai Pasir Landa Kaldera Gunung Bromo


Festifal Seni Jaranan Jatilan Lereng Gunung Bromo Menghibur Pengunjung

Kian Lengkap, Ada Wahana Baru Balon Udara di Gunung Bromo

Jazz Gunung Bromo, Pagelaran Jazz di Suhu Dingin

Sempat Naik, Aktivitas Gunung Bromo Kembali Turun

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber