Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Setelah Tiga Warga Diamankan, Polres Tuban Digeruduk
Sabtu, 23-03-2019 | 12:06 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Ratusan warga dari 6 desa Kabupaten Tuban, menggeruduk Polres setempat. Aksi ini nekat dilakukan warga, lantaran ada tiga warganya yang diamankan pihak kepolisian.

Tiga warga tersebut diamankan polisi saat mengantarkan surat pemberitahuan. Isi surat akan menggelar kirab tumpeng sebagai bentuk penolakan pendirian kilang minyak di desa mereka.

Warga enam desa tersebut adalah dari Desa Wadung, Sumurgeneng, Rawasan, Mentoso, Remen dan Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Tuban. Ratusan warga ini menggeruduk Mapolres Tuban, meminta kepada polisi untuk membebaskan Mashuri, Saguk, dan Dwi, yang diamankan sejak Jumat sore.

Warga mendapat informasi, tiga warga itu diperiksa Satreskrim Polres Tuban, sebagai terlapor atas perusakan patok batas tanah milik Pertamina yang akan didirikan kilang minyak.

Bukan mendapat jawaban yang baik, namun aksi warga ini justru mendapat tindakan represif dari petugas.

Sementara itu, Suwarto Kuasa Hukum dari warga mengatakan, kedatangan para warga ke Polres Tuban meminta agar warga yang diperiksa dibebaskan.

Kompol Ngadi, Kabag Ops Polres Tuban menyatakan, pembubaran paksa perlu dilakukan. "Ratusan warga yang menggeruduk markas polisi di Tuban ini, sudah sesuai prosedur," kata Kompol Ngadi.

Menurut Kompol Ngadi, sebelum kejadian ini, pihak Pertamina memasang patok di lokasi pembebasan lahan yang akan dipergunakan untuk pembangunan kilang minyak. Warga mencabuti patok tersebut, sebab merasa patok tersebut dipasang di tanah warga yang merasa tidak dijual. Hingga berbuntut pada pelaporan terhadap warga, oleh pihak Pertamina.

Meski demikian, warga berencana akan kembali lagi ke Mapolres Tuban, hingga tiga warga yang diamankan polisi segera dibebaskan. (pul)


Berita Terkait


Setelah Tiga Warga Diamankan, Polres Tuban Digeruduk


Jambret Handphone, Ditangkap Warga

Dua Phyton Ditangkap Warga Wonocolo

Ular Sepanjang Lima Meter Ditangkap Warga

Ketahuan Mencuri Tas, Seorang Ibu Rumah Ditangkap Warga

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber