Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Naiknya Tarif Kargo Berdampak Pada Jasa Pengiriman atau Ekspedisi
Jum'at, 22-03-2019 | 03:51 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Naiknya tarif jasa kargo yang berdampak pada jasa pengiriman atau ekspedisi, membuat pelaku usaha jasa pengiriman harus memutar otak agar biaya operasional tidak membengkak. Salah satunya dengan mengalihkan ke moda transportasi darat.

Kenaikan tarif kargo pesawat sejak Oktober 2018 lalu dikeluhkan oleh pengusaha jasa pengiriman atau ekspedisi. Kenaikan ini khususnya untuk Surat Muatan Udara atau SMU, yang merupakan perjanjian antara perusahaan ekspedisi dengan maskapai penerbangan.

diseluruh Indonesia, kenaikannya hingga 300 persen, sedangkan di Jawa Timur sendiri sekita 30 persen.

Menurut Ardito Soepomo, ketua DPW Asosiasi Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Timur, kenaikan ini berdampak pada naiknya tarif jasa pengiriman sekitar 20 hingga 30 persen  yang dimulai pada bulan maret ini.

"Kenaikan ini sangat berdampak pada jasa pengiriman yang telah menjalin kontrak dengan konsumen, yang biasanya tarif pembayaran sudah ditetapkan," ujar Arditp Soepomo.

Karena itu, jasa ekspedisi menawarkan pada konsumen jika tidak terburu-buru, pengiriman dapat dilakukan melalui jalur darat seperti kereta api. Ardito menambahkan, dengan cara pengalihan moda itu terbukti dapat menekan biaya meskipun waktu tiba agak lama.

Asperindo berharap pemerintah dapat memberikan regulasi yang jelas terkait pelaksanaan jasa kargo udara ini, agar pelaku usaha memiliki kepastian. (yos)

Berita Terkait


Naiknya Tarif Kargo Berdampak Pada Jasa Pengiriman atau Ekspedisi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber