Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Penderita Gangguan Jiwa Ikut Pemilu
Jum'at, 22-03-2019 | 00:15 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Para penderita gangguan jiwa di Kabupaten Ngawi, akan menyalurkan hak pilihnya pada 17 April mendatang. Sebelum pemungutan suara, mereka diberikan sosialisasi tata cara mencoblos oleh aktivis relawan demokrasi.

Para aktivis relawan demokrasi melakukan sosialiasi pemilu 2019 di pondok rehabilitasi jiwa assyifa Desa Cepoko Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi.

Sasarannya adalah para penderita gangguan jiwa, mulai dari penderita depresi ringan hingga penderita depresi berat. Mereka diberikan informasi tentang pengenalan beragam jenis surat suara, yang digunakan pada pemungutan suara 17 April mendatang.

Kundari Prisusanti, aktivis relawan demokrasi, menjelaskan, selama ini masyarakat sering tanpa sadar melakukan diskriminasi terhadap penderita gangguan jiwa. Masyarakat, sering kali menghakimi, bahwa semua penderita gangguan jiwa merupakan orang gila yang tak bisa disembuhkan.

"Tetapi realitanya, banyak penderita gangguan jiwa yang bisa disembuhkan sehingga bisa kembali menjalani hidup normal, termasuk ikut pesta demokrasi," kata Kundari Prisusanti.

Rina Santika, Pengasuh Pondok Rehabilitasi Jiwa Assyifa, mengatakan, dari sekitar 70 penderita gangguan jiwa yang menjalani rehabilitasi di pondok assyifa, hanya 10 orang yang akan ikut pemungutan suara.

"Mereka sebagian besar tak terdaftar dalam DPT maupun dalam DPTB karena permasalahan administrasi. Sebagian lainnya, karena memang belum sembuh," jelas Rina Santika.

Meskipun masih menuai kontroversi di tengah masyrakat, partisipasi penderita gangguan jiwa dalam pemilu tahun 2019 dikuatkan oleh keputusan mahkamah konstitusi, dalam putusan nomor 135,PUU-XIII,2015. (yos)

Berita Terkait


Lapas Banyuwangi Gelar Sosialisasi Pemilihan Umum

Manfaatkan Hari Tenang, Polres Perak Bersama Dandim Surabaya Gelar Sosialisasi Pemilu di Gereja

Penyadang Tuna Netra Kabupaten Sidoarjo Siap Sukseskan Pemilu 2019

Bawaslu Bondowoso Gelar Sosialisasi Siwaslu Online Cepat Laporan


KPU Kediri Sosialisasi Pemilu Gunakan Media Wayang

KPU Magetan dan Relawan Sosialisasi Pemilu di Sekolah

Sosialisasi Pemilu Damai Dengan Membagi Seribu Balon

KPU Sosialisasi Pemilu ke Pemilih Disabilitas

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber