Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Cuaca Ekstrem, Harga Ikan Laut di Pasaran Makin Mahal
Kamis, 21-03-2019 | 20:10 wib
Oleh : Mochammad Asrofi, Imron Danu
Blitar pojokpitu.com, Lantaran cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini, mengakibatkan harga ikan laut di pasaran kini mulai melonjak naik. Pasalnya, pasokan ikan dari para nelayan sangta minim, akibat nelayan tidak berani melaut.

Ombak besar yang terjadi di perairan samudra hindia akibat cuaca ekstrim, mengakibatkan nelayan di sejumlah daerah saat ini enggan melaut. Selain berbahaya, adanya ombak besar itu juga berpengaruh terhadap tangkapan.

Adanya fenomena alam itu, tak ayal menjadikan harga ikan laut lokal di pasaran mulai mengalami kenaikan harga. Karena minimya pasokan ikan dari para nelayan.

Satu diantaranya terjadi di Pasar Tradisional Wlingi, Kabupaten Blitar. Naiknya harga ikan laut membuat aktifitas jual beli ikan menjadi lesu, sejumlah pedagang ikan mengaku, omzet penjualannya menurun drastis hingga lima puluh persen jika di bandingkan dengan hari biasanya.

Jika sebelumnya, para pedagang mampu menjual hingga lima puluh kilogram ikan, namun saat ini hanya mempu menjual dua puluh lima kilogram.

Menurut Kurnia Wulansari, pedagang ikan pindang, kenaikan harga itu terjadi sejak memasuki musim penghujan. Kenaikan harga sendiri berkisar antara seribu hingga dua ribu lima ratus rupiah persatu keranjang. "Harga tersebut berlaku untuk ikan air laut jenis, tongkol, salem, benggol dan sisek," kata Kurnia Wulansari.

Saat ini, harga ikan laut jenis benggol di pasaran mulai dijual sepuluh ribu untuk tiga ekor, dari sebelumnya mencapai empat ekor, salem ukuran kecil di jual tujuh ribu lima ratus dari harga semula hanya lima ribu, sedangkan ikan sisek di jual dua ribu lima ratus dan ikan tongkol kecil di jual lima ribu rupiah.

Meski ikan laut saat ini mengalami kenaikan harga, kondisi tersebut sangat berbeda dengan harga ikan air tawar yang harganya cenderung stabil. (yos)

Berita Terkait


Musim Penghujan, Harga Ikan Kering Meroket

Gelombang Tinggi, Harga Ikan Laut Merangkak Naik

Musim Tanam, Harga Ikan Tambak di Lamongan Anjlok

Harga Ikan Bandeng Mulai Naik Akibat Stok yang Berkurang


Harga Ikan Bandeng Mulai Naik Akibat Stok yang Berkurang

Harga Ikan Tambak Mulai Naik Hingga Rp 2 Ribu Perkilogram

Stok Ikan Laut Minim, Harga Ikan Laut Naik

Harga Ikan Bandeng Turun, Gubernur Sidak Pasar Ikan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber