Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pengguna Narkoba Meningkat, BNN Gandeng Relawan di Pemerintahan dan Pendidikan
Kamis, 21-03-2019 | 08:15 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Meningkatnya jumlah pengguna narkoba pada kelompok pekerja hingga pelajar, Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar diskusi dan bimbingan tekhnis penggiat anti narkoba bidang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredarab gelap narkoba (P4GN). Sekitar 80 relawan anti narkotika, dari pemerintahan, dan akademisi.

Sesuai data Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) tahun 2017, diketahui lebih dari separuh penyalahguna narkoba sebanyak 59 persen, adalah kelompok pekerja dan 24 persen merupakan kelompok pelajar.
 
Sedangkan di Jawa Timur, hasil survei penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pada tahun 2018, sebanyak 2,8 persen digunakan oleh para pekerja dan kelompok pelajar di Surabaya, sebanyak 7,5 persen.
 
Dengan kondisi ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar bimbingan tekhnis penggiat anti narkoba bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Serta Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Upaya ini merupakan langkah preventif terhadap kelompok pekerja dan pelajar yang belum terpapar narkoba.
 
"Langkah ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang narkoba dan bahaya penyalahgunaannya. Dalam bimtek P4GN ini, sebanyak 40 relawan dari pemerintahan dan 40 relawan lain, berasal dari pihak akademisi hadir untuk mendapat edukasi dan melakukan diskusi, di JW Marriot Surabaya," kata Brigjen Pol Mohammad Jupri, Direktur Peran serta Masyarakat BNN RI.
 
Setelah bimbingan teknis ini, para relawan anti narkoba ini akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan, penjangkauan, dan berperan dalam penegakan hukum terhadap bandar dan pengedar dengan cara melaporkan.(end)

Berita Terkait


Depresi Ditinggal Mati, Pengedar Narkoba Konsumsi Pil Untuk Menghilangkan Bayangan Istrinya

Ibu Menyusui Nyambi Jadi Bandar dan Pengedar Sabu

Temuan Sabu Dalam Kamar Rutan,15 Napi Positif Konsumsi

Belasan Napi Rutan Trenggalek Didapati Menyimpan Sabu Saat Razia


Awal Tahun Polisi Malang Ungkap 15 Kasus Narkoba

Rekor, Ditresnarkoba Polda Jatim Sita 10 Kilogram Sabu

Calon Wajib Pengantin Harus Bebas Narkoba, Test Urine Narkoba Dilakukan BNNK Surabaya

Tidak Dapat Disupport, BNN Kota Surabaya Berharap Ada Sinergi Pemkot Berantas Narkoba
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber