Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Inilah Tahapan Setelah Anda Donor Darah
Rabu, 20-03-2019 | 20:20 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Bisa dibilang, donor darah merupakan cara yang paling sederhana untuk menjadi seorang pahlawan di kehidupan nyata. Bagaimana tidak? Menurut dr. Anita Amalia dari KlikDokter, setiap satu orang yang mendonorkan darahnya dapat menyelamatkan 3 hingga 4 orang yang membutuhkan!

Tak hanya berguna bagi yang membutuhkan, pendonor pun akan menerima manfaat, seperti turunnya risiko penyakit jantung dan stroke, mendapatkan pemeriksaan gratis, terbakarnya kalori, hingga turunnya risiko kanker.

Bagi Anda yang baru pertama kali mendonorkan darah mungkin belum tahu akan diapakan sumbangan darah tersebut sebelum akhirnya diterima oleh orang yang membutuhkan.

Penasaran? Inilah proses lanjutan yang dilakukan pada darah tersebut, seperti dilansir dari Readers Digest.

1. Didinginkan

Sebelum darah Anda digunakan oleh orang lain, staf pusat donor darah akan menempatkan kantong darah Anda dalam kotak pendingin bersamaan dengan kantong-kantong darah lainnya.

Pembekuan ini dilakukan sebelum darah melewati proses pengujian dan pemrosesan lainnya.

2. Disortir berdasarkan waktu

Setibanya di fasilitas pengolahan Palang Merah (Red Cross), kotak pendingin dibongkar lalu disortir berdasarkan waktu darah disumbangkan. Menurut Kepala Medical Officer dari Divisi Biomedis Palang Merah Amerika, Pampee Young, MD, PhD, kantong-kantong darah akan dikelompokan juga berdasarkan golongan darahnya.

3. Dipisahkan sesuai komponen

Darah yang sudah disortir kemudian akan dipisah sesuai komponen yang dapat ditransfusi, misalnya saja sel darah merah, trombosit, ataupun plasma.

Staf menggunakan alat khusus untuk memisahkan ketiga komponen tersebut dan membutuhkan waktu hingga 3 hari lamanya. Setelah berhasil terpisah, maka 3 komponen darah yang berasal dari 1 orang tersebut bisa menyelamatkan 3 orang berbeda.

4. Tiap komponen disimpan dengan metode berbeda

Setelah komponen berhasil dipisahkan, sel darah merah disimpan dalam lemari es hingga 42 hari.

Orang yang menerima donor sel darah merah adalah mereka yang mengalami anemia kronis akibat gagal ginjal atau perdarahan gastrointestinal dan pasien dengan kehilangan darah akut akibat trauma (kecelakaan).

Sementara itu, plasma ditempatkan dalam lemari pembeku dan batas penyimpanannya hanya sampai satu tahun. Plasma biasanya ditransfusikan untuk mereka yang mengalami kecelakaan, luka bakar, dan pasien penyakit hati yang parah.

Ketika dua komponen darah lainnya didinginkan bahkan dibekukan, trombosit diletakkan di sebuah mesin yang bergerak agar tidak menggumpal.

Trombosit ini hanya memiliki umur simpan selama 5 hari dan biasanya digunakan oleh penderita kanker ataupun pasien yang menerima prosedur transplantasi organ.

5. Dilakukan uji sampel tabung reaksi

Sebelum disumbangkan ke rumah sakit, setiap komponen darah akan melewati proses uji dan skrining untuk mengetahui apakah darah tersebut terinfeksi hepatitis, HIV, ataupun bakteri dan virus lainnya.

Pengujian ini membutuhkan waktu 24 jam. Jika positif terinfeksi, maka darah donor tersebut harus dibuang.

6. Diberikan ke rumah sakit

Setelah komponen darah yang sehat terkumpul, kini saatnya untuk memberikan ke rumah sakit yang membutuhkan.
Biasanya rumah sakit sudah menentukan kebutuhan inventaris darah berdasarkan jenis penyakit pasien, golongan darah (A, B, O, AB), serta komponen produk darah (sel darah merah, trombosit, atau plasma).

7. Darah akhirnya ditransfusikan

Setelah darah yang didonorkan sampai di rumah sakit, dokter akan memutuskan pasien mana yang memiliki kebutuhan paling mendesak untuk menerima darah tersebut, baru akhirnya ditranfusikan.

Nah, kini Anda sudah mengetahui perjalanan darah Anda setelah proses pengambilan darah. Dengan donor darah, Anda bisa memberikan harapan hidup kepada orang yang membutuhkan sekaligus menjaga kesehatan Anda.

Jadi, jika kondisi tubuh Anda memungkinkan untuk melakukan donor darah, jangan tunda lagi niat baik Anda untuk menolong sesama!

Karena setetes darah Anda sangat berguna bagi orang lain yang membutuhkannya.(NP/ RVS/klikdokter)

Berita Terkait


HUT RSAL dr. Ramelan ke 69 Tahun Dengan Donor Darah

Selama Ramadhan Permintaan Darah Meningkat Drastis

Bolehkan Penderita Diabetes Donor Darah?

Memasuki Bulan Puasa, PMI Minim Pendonor


Peringati Hari Bhayangkara, 300 Polisi di Surabaya Donorkan Darah

Pendonor Minim, Stok Darah Golongan O dan A Menipis

Pendonor Minim, Stok Darah di Pacitan Menipis

Bolehkan Penderita Diabetes Donor Darah?

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber