Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Komisi IV DPR RI Tinjau Ratusan Kontainer Kayu Merbau Ilegal
Rabu, 20-03-2019 | 17:12 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Surabaya pojokpitu.com, Komisi IV DPR RI hari ini meninjau ratusan kontainer kayu ilegal, yang berhasil disita Direktrorat Jendral Penegakan Hukum atau Ditjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Petugas menyebut, kayu-kayu senilai Rp 200 milyar lebih itu disita dari hutan Papua dan Papua Barat, yang didapat dari hasil operasi pengamanan di Surabaya dan Makassar.

Ratusan kontainer kayu ilegal yang hari ini ditinjau oleh Komisi IV DPR RI di salah satu gudang di kawasan Jalan Tambak Langon Surabaya. Total ada 384 kontainer berisi kayu jenis merbau yang hendak diselundupkan dan akhirnya berhasil digagalkan, dalam operasi pengamanan di Surabaya dan Makassar.

Komisi yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan pangan itu memeriksa, 384 kontainer berisi kayu jenis merbau siap edar yang berhasil disita Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Kayu-kayu itu terpaksa diamankan petugas lantaran tak disertai dokumen-dokumen resmi.

"DPR RI tetap mengapresiasi tangkapan yang dilakukan oleh petugas. DPR RI juga sangat mendukung upaya penindakan terhadap pembalakan liar yang berpotensi merusak lingkungan," tutur Viva Yoga Mauladi, anggota Komisi IV DPR RI.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan, Sustyo Iriyono menjelaskan, total ada 26 perkara yang sedang ditangani saat ini. Bahkan Dirjen Gakkum KLHK berhasil menahan enam tersangka periode Januari hingga Maret 2019.

Sustyo juga menyebut, selanjutnya kayu-kayu tersebut akan dilelang dan hasilnya akan dimasukkan ke kas negara, namun menunggu terlebuh dahulu putusan dari pengadilan.(end)

Berita Terkait


Sebanyak 83 Paket Bibit Tanaman Ilegal Dari Luar Negeri Dimusnahkan BBKP Surabaya

Ratusan Batang Kayu Disita Dari Kampung Kayu Ilegal

Ratusan Batang Kayu Disita Dari Kampung Kayu Ilegal

Satpol PP Madiun Segel 3 Tower Tak Berijin


Dituntut 6 Tahun, Bos Ilegal Logging Divonis 1,5 Tahun Penjara

Ketua DPRD Sementara Sidak Tambak Udang Ilegal

Lagi-Lagi, Karaoke Ilegal Dirazia

Bos Ilegal Logging Dituntut 6 Tahun Penjara

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber