Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kondisi Bromo Terkini Terjadi 5 Letusan, BPBD Siapkan Jalur Evakuasi Pengungsi
Senin, 18-03-2019 | 12:01 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Hingga Senin (18/3) pagi, aktifitas Gunung Bromo di Probolinggo Jawa Timur, terus mengalami peningkatan. Asap bercampur material vulkanik menyembur dari dalam kawah dengan ketinggian mencapai 1500 meter dari bibir kawah.

Melihat kondisi gunung bromo mengalami peningkatan, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan jalur evakuasi jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi.

Secara visual asap kelabu kecoklatan terus menyembur dari dalam kawah bromo, semburan asap bercampur material vulkanik ini terlihat jelas dari Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Ketinggian asap vulkanik ini mencapai 1500 meter dari bibir kawah. Dari data yang ada, ketinggian asap kisaran 100 sampai 1500 meter dengan tekanan sedang hingga kuat.

Untuk saat ini asap mengarah ke utara, timur laut, timur, barat dan barat laut. Yang terjadi pemukiman terdekat bromo terdampak paparan abu.

Sementara itu, gempa tremor menerus yang terekam seismograp terus mengalami kanaikan, dikisaran 0,5 sampai 19 mili meter, dominan 3 mili meter.

Selain itu terekam letusan sebanyak 5 letusan dengan amplitudo 29 sampai 30 mili meter, berdurasi 47 sampai 58 detik. Sedangkan gempa tektonik jauh terjadi 1 kali, amplitudo 32 mili meter, durasi 253 detik.

Melihat kondisi gunung bromo yang terus mengalami kenaikan aktifitas, membuat badan penanggulangan bencana setempat memetakan daerah  paling terdampak erupsi bromo.

Salah satu yang dilakukan adalah kembali menyiapkan jalur evakuasi bagi pengungsi nantinya. Jalur ini bisa papan petunjuk hingga mensosialisasikan ke masyarakat.

Menurut Anggit Hermanuadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo, setidaknya ada 4 desa di kabupaten probolinggo yang letaknya paling dekat dengan gunung bromo. "Desa-desa ini diantaranya, Desa ngadisari, Jetak, Ngadas dan Wonotoro," kata Anngit Hermanuadi.

Masyarakat dihimbau untuk tidak mendekat ke kawah bromo dengan radius aman 1 kilo meter. Saat ini status gunung bromo masih tetap waspada level dua. (yos)

Berita Terkait


Festifal Seni Jaranan Jatilan Lereng Gunung Bromo Menghibur Pengunjung

Kawah Bromo Steril Dari Manusia, Pengunjung Dilarang Naik

Sempat Naik, Aktivitas Gunung Bromo Kembali Turun

Musim Kemarau, Badai Pasir Landa Kaldera Gunung Bromo


Festifal Seni Jaranan Jatilan Lereng Gunung Bromo Menghibur Pengunjung

Kian Lengkap, Ada Wahana Baru Balon Udara di Gunung Bromo

Jazz Gunung Bromo, Pagelaran Jazz di Suhu Dingin

Sempat Naik, Aktivitas Gunung Bromo Kembali Turun

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber