Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Inilah motor hasil modifikasi pelajar SMA Negeri Baurno,Kecamatan Baurno Kabupaten Bojonegoro. Foto: Avrizal Ilmi
Inovasi Motor Pintar, Tak Punya SIM dan Helm, Motor Tak Bisa Digunakan
Sabtu, 16-03-2019 | 15:00 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Dalam upaya menekan kecelakaan lalu lintas, pelajar SMA Negeri di Kabupaten Bojonegoro, berhasil memodifikasi motor pintar. Motor tersebut tidak bisa digunakan, jika sang pengendara tidak memiliki SIM serta tidak memakai helm dan diklik.

Motor tersebut hasil modifikasi pelajar SMA Negeri Baurno,Kecamatan Baurno Kabupaten Bojonegoro. Sekilas motor ini tidak berbeda dengan motor bebek pada umumnya, namun motor ini dilengkapi sejumlah sensor elektronik hasil kreatifitas pelajar.

Mesin motor ini tidak bisa digunakan, jika sang pengemudi tidak memiliki sim dan memakai helm yang sudah di klik. Saat kontak motor dinyalakan maka alarm akan berbunyi.

Selain mengeluarkan suara, sensor elektronik ini juga memerintah kepada pengendara untuk memakai helm dan meletakan SIM kedalam sensor. Jika helm sudah di klik maka alarm akan mati, karena helm tersebut sudah dilengkapi dengan wearles.

Sementara untuk menyalakan mesin, cukup meletakan SIM yang sudah dilengkapi chip di atas sensor elektronik. Adimas Sandi salah satu pelajar mengatakan, tujuan modifikasi motor ini adalah untuk keselamatan pengendara.

Alat yang digunakanpun cukup sederhana, yang banyak ditemukan di toko elektronik. "Dalam membuat modifikasi motor tersebut hanya diperlukan biaya sebesar Rp 200 ribu," kata Adimas Sandi.

Motor hasil modifikasi pelajar inipun memenangi juara satu lomba bojonegoro milenial traffic tegnology, yang digelar oleh Satuan Lalu Lintas Polres Bojonegoro.

AKP Aris Tiyanto, Kasatlantas Polres Bojonegoro, menjelaskan, acara lomba bojonegoro milenial traffic tegnology ini dilakukan dalam rangka menekan angka kecelakaan.

"Karena mayoritas jumlah kecelakaan di Indonesia terjadi pada kaum milenial," jelas AKP Aris Tiyanto. (yos)

Berita Terkait


Inovasi Motor Pintar, Tak Punya SIM dan Helm, Motor Tak Bisa Digunakan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber