Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Puluhan Napi Narkoba Lapas Tuban di Tes Urine BNNK
Sabtu, 16-03-2019 | 12:48 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Badan Narkotika Nasional Kabuapaten (BNNK) Tuban Jawa Timur, menggelar tes urine untuk napi narkoba di Lapas Kelas II B Tuban. Hal itu dilakukan untuk pencegahan peredaran obat-obatan terlarang, didalam lembaga pemasyarakatan. Sebanyak 80 napi narkoba, usai mengikuti pembinaan Dari Dinas Koprasi, Perindustrian Dan Perdagangan Tuban, satu persatu napi narkoba dilakukan tes urine.

Puluhan napi narkoba Kelas II B Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengikuti pembinaan dan ketrampilan dari Dinas Koprasi, Perindustrian dan Perdagangan, sebagai bekal para napi narkoba saat bebas nanti.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, puluhan napi narkoba tersebut dilakukan tes urine, sebagai upaya untuk melakuakan pencegahan dini peredaran dan pengunaan narkoba dan obat-obatan terlarang, didalam lembaga pemasyarakatan.

I Made Arjana, Kepala BBNK Tuban, menerangkan, pemeriksaan mendadak ini dilakukan secara terus menerus oleh BNNK Tuban, untuk memberantas narkoba dan obat-obatan terlarang, baik diluar lapas maupun didalam lapas.

Dengan seringnya tes urine ini diharapkan, para napi narkoba dapat memahami bahaya narkoba.
"Dengan tes urine dan pembekalan materi bahaya narkoba ini, diharapkan setelah bebas nanti tidak mengulangi perbuatan yang sama," jelas I Made Arjana.

Sugeng Indrawan, Kalapas Tuban, menjelaskan, tes urine diikuti sekitar 80 napi narkoba, dilaksanakan dilorong blok B dengan pengawalan ketat dari petugas lapas, satu persatu napi narkoba di data, dan selanjutnya dilakukan tes urine.

"Dari delapan puluh napi ini yang dilakukan tes urine hasilnya negatif, namun apabila nanti dalam pemeriksaan lebih lanjut. Ada tanda-tanda terkandung obat-obatan keras dan narkotika, maka napi tersebut akan dilakukan pemeriksaan ulang," ujar Sugeng Indrawan.

Dalam hal ini Lapas bersama BNNK Tuban, bersinergi dalam pembinaan napi narkoba untuk dapat membebaskan kecanduan para napi penguna narkoba, agar dapat normal kembali.

Agar saat bebas nanti bisa diterima di masyarakat. Namun apabila napi setelah bebas kesulitan melepaskan kecanduannya, maka BNNK siap membantu untuk melakukan rehabilitasi. (yos)

Berita Terkait


Polisi Tes Urine Seluruh Anggota Satpol PP Jombang

Awal Agustus, Calon Pengantin Wajib Tes Urine Narkotika

Tes Urine Anggota Polres Ancam Beri Sanksi Tegas

Puluhan Sopir Bis di Trenggalek Wajib Tes Urine


Polisi Tes Urine dan Cek Kesehatan Sopir, Kernet Bis di Terminal

Tekan Angka Laka Lantas, Puluhan Sopir Angkutan Lebaran Jalani Tes Urine

Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas, Ratusan Sopir Bus Wajib Tes Urine

Polisi Tes Urine Sopir Bus, Begini Hasilnya

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber