Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Kades Klagen Jadi Caleg DPR RI Lewat Gerindra
Sabtu, 16-03-2019 | 07:30 wib
Oleh : M.Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Bawaslu Kabupaten Magetan menemukan salah satu kepala desa di Magetan menjadi caleg DPR RI lewat partai gerindra. Hasil koordinasi Bawaslu dengan Pemkab Magetan, yang bersangkutan belum mengundurkan diri dari jabatan kades.

Hasil penelusuran Bawaslu Kabupaten Magetan, terdapat salah satu caleg dari partai gerindra adalah kepala desa aktif. Dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) yang diunggah di situs resmi KPU RI, terdapat nama Joko Sudarmawan, yang mencalonkan diri sebagai DPR RI.

Joko tercatat sebagai kepala desa aktif di Desa Klagen Kecamatan Barat Magetan. Ia memang tidak mencalonkan diri di Magetan, akan tetapi dapil Jatim VIII, yang meliputi Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Jombang dan Mojokerto.

Anggota Bawaslu Magetan, Abdul Aziz Nuril Huda, menjelaskan, hasil koordinasi dengan pemkab magetan, yang bersangkutan belum mengundurkan diri dari jabatan kades.
Bawaslu Magetan, bersama Bawaslu Jatim dan Bawaslu RI, masih membahas persoalan tersebut.
"Apakah nanti yang bersangkutan bakal dikenakan sanksi administratif atau pidana, bawaslu masih mengkajinya," jelas Abdul Aziz Nuril Huda.

Sesuai aturan, menurut Aziz, kades yang akan mencalonkan diri sebagai calon anggota legisltif, harus mengundurkan diri. Bawaslu Magetan, baru mengetahuinya setelah ia tercatat sebagai DCT, mengingat yang bersangkutan mencalonkan diri di luar Magetan. (yos)

Berita Terkait


Kades Klagen Jadi Caleg DPR RI Lewat Gerindra


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber