Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Jeruk Baby Sandaran Baru Petani Pacitan
Jum'at, 15-03-2019 | 22:17 wib
Oleh : Sujarismanto
Pacitan pojokpitu.com, Potensi sektor pertanian di Kabupaten Pacitan cukup melimpah, beragam hasil bumi menjadi penopang hidup sebagian besar masyarakat. Kini tanaman buah jeruk baby menjadi sandaran baru bagi para petani di daerah berjuluk kota 1001 gua. Budidaya jeruk manis terus dikembangkan masyarakat karena menawarkan beragam keuntungan.

Budidaya jeruk baby pacitan mulai ditekuni masyarakat petani di Desa Penggung Kecamatan Nawangan Pacitan. Dalam beberapa tahun terakhir, hampir seluruh masyarakat petani di desa itu mengembangkan tanaman jeruk manis pacitan demi menunjang perekonomian.

Sayroji, petani jeruk baby, menerangkan, budidaya buah jeruk yang bisa dikonsumsi semua kalangan dari bayi hingga lanjut usia ini menawarkan beragam keuntungan. Diantaranya tidak membutuhkan lahan dengan spesifikasi tertentu.

Jeruk baby bisa ditanam di berbagai tempat tidak hanya perkebunan tetapi juga di pekarangan rumah. "Proses penanaman dan perawatan lebih mudah dibanding tanaman jeruk lainnya, terpenting tidak membutuhkan biaya besar," jelas Sayroji.

Geliat masyarakat petani desa penggung menanam jeruk baby ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah, Bolo Winarso, kepala desa penggung, menerangkan, pemerintah desa berkomitmen untuk menciptakan kawasan agro wisata dengan potensi unggulannya metik atau panen jeruk baby.

Tanaman buah jeruk baby sudah bisa dipanen ketika usianya 3 tahun, hasil produksi akan semakin maksimal setelah delapan tahun. Dari sisi penjualan, harga buah yang satu ini cukup stabil dan relatif tinggi mencapai Rp 10-15 ribu perkilogramnya.

Hal ini membuat petani berbondong-bondong menanam buah baby dengan harapan menambah pundi-pundi penghasilan. (yos)

Berita Terkait


Jeruk Baby Sandaran Baru Petani Pacitan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber