Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Simulasi Pengamanan Pemilu Diwarnai Bentrok dan Kejar-Kejaran Mobil
Kamis, 14-03-2019 | 05:24 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Sebuah aksi kejar-kejaran mobil antara gerombolan pelaku yang hendak menggagalkan pemilihan presiden dan pileg terjadi di Sidoarjo. Tak hanya itu, ratusan demonstran juga bentrok dengan polisi karena tidak puas dengan hasil perolehan suara yang diraih tokoh pilihannya.

Detik-detik  mobil pengangkut suara hendak dirusak oleh gerombolan pelaku yang ingin menggagalkan proses pemilu di Sidoarjo. Satu pelaku berhasil diamankan sementara dua pelaku lain berhasil melarikan diri. Aksi kejar-kejaran dan kebut-kebutan antara pelaku dan polisi tak dapat dihindari. Tak berapa lama, pelaku beserta mobilnya berhasil dilumpuhkan oleh polisi.

Keributan tak hanya berhenti disitu, ratusan demonstran mendatangi lokasi kampanye calon wakil presiden dan berakhir dengan bentrok dengan polisi. Karena tak puas dengan hasil perolehan suara calonnya, ratusan massa melempari polisi dengan air dan kembang api.

Bentrok antara ratusan massa dan polisi tak dapat dihindari, agar massa bisa mereda, polisi terpaksa mengerahkan personil dari brimob polda jatim untuk menghalau aksi massa yang mulai beringas. Kekacauan akibat aksi massa akhirnya bisa dibubarkan dan proses pemilu berlangsung tertib dan lancar.

Kegiatan simulasi pengamanan pemilu ini dilakukan untuk terus melatih personil polisi sekaligus mengantisipasi adanya keributan dan kerusuhan saat proses pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif yang akan digelar serentak 17 April mendatang.

"Kegiatan simulasi ini disaksikan oleh Bupati/Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, serta beberapa pejabat lain hadir untuk melihat langsung penanganan pelaku tindak kejahatan dan aksi masa di saat pilpres dan pileg 2019," kata Kombespol Zain Dwi Nugroho, Kapolresta Sidoarjo.

Sementara itu, peserta simulasi yang dilibatkan 700 petugas gabungan dan dibantu oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sidoarjo.(end)

Berita Terkait


Simulasi Pengamanan Pemilu Diwarnai Bentrok dan Kejar-Kejaran Mobil


Simulasi Pengamanan Pilgub Jatim, Ribuan Massa Bentrok Polisi

Polisi Kediri Simulasi Pengamanan Pilkada

Simulasi Pengamanan Sidang Sengketa Pemilukada

Polres Trenggalek Gelar Simulasi Pengamanan Pemungutan Suara

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber