Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Bawaslu Sidangkan Kasus Pencoretan Caleg Gerindra Oleh KPUD Sidoarjo
Sabtu, 09-03-2019 | 18:33 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Ketua dan 4 anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sidoarjo, akhirnya menjalani sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik oleh dewan kehormatan penyelenggara pemilu di Kantor Bawaslu Jatim.

Mereka diadukan seorang calon legislatif dari partai gerindra yang dicoret dari daftar calon tetap setelah dinyatakan bersalah atas kasus dugaan pemalsuan ijazah dan divonis enam bulan penjara oleh pengadilan tinggi Surabaya.
 
Untuk pertama kalinya, dewan kehormatan penyelenggara pemilu menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik terhadap ketua dan empat anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah Sidoarjo di kantor Bawaslu Jatim.

Mereka diadukan oleh seorang calon legislatif dari partai gerindra, muhammad rifai yang telah dicoret dari daftar calon tetap pada pileg dprd kabupaten sidoarjo 2019.
 
Menurut Ketua KPUD Sidoarjo, Zainal Abidin, pencoretan nama Rifai ini telah sesuai prosedur, berdasarkan keputusan bersalah dalam kasus pemalsuan ijazah dan divonis enam bulan penjara oleh Pengadilan Tinggi Surabaya, 6 bulan penjara serta dinyatakan inkraht.
 
Dalam sidang ini, Mohammad Rifai melalui kuasa hukumnya, Edward Dewaruci, menyesalkan pihak KPUD Sidoarjo tak melakukan klarifikasi dan mencoret namanya dari daftar calon tetap legislatif, meskipun tidak dalam eksekusi penjara usai vonis bersalah.

"Langkah pengaduan ini telah sesuai dengan undang undang nomor tujuh tahun 2017 tentang pemilihan umum," kata Edward Dewaruci.
 
Dari hasil sidang ini, majelis dewan kehormatan penyelenggara pemilu memberikan waktu 3 hari terhadap pihak pengadu dan teradu untuk membuat kesimpulan perkara, yang akan diserahkan serta dibacakan langsung oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum atau DKPP pusat. (yos)
 



Berita Terkait


Bawaslu Sidangkan Kasus Pencoretan Caleg Gerindra Oleh KPUD Sidoarjo

Verikasi Perbaikan KPUD Temukan Data Parpol Bermasalah

KPUD Sidoarjo Akan Panggil Ali Masykuri

Tak Kunjung Cair, KPUD Kebingungan


Jelang Pemilu 2019, 24.788 Kotak Suara Tiba di Kantor KPUD Bojonegoro

Tolak Keputusan KPUD, Massa Terlibat Bentrok Dengan Polisi

Ketua KPUD Sidoarjo: Bacaleg Tidak Memenuhi Syarat Sesuai Peraturan

KPUD Situbondo Terima Berkas Bakal Caleg Dari Partai Golkar dan PKB

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber