Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Coret Caleg Dari DCT, 5 Komisioner KPUD Sidoarjo Diperiksa DKPP RI
Jum'at, 08-03-2019 | 16:42 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Diadukan oleh salah satu caleg karena mencoret caleg tersebut dari daftar calon tetap (DCT) sehingga dimungkinkan tidak bisa mengikuti proses pileg di tingkat DPRD kabupaten, 5 Komisioner KPUD Sidoarjo akan diperiksa Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia pada Sabtu mendatang di Kantor Bawaslu Jatim.

Pencoretan salah satu caleg Gerindra di dapil 5 dari DCT pemilihan anggota DPRD Sidoarjo Pemilu 2019 oleh KPUD Sidoarjo berbuntut panjang. Rifai, caleg yang dicoret dari daftar calon tetap (DCT) tersebut merasa tidak terima dan kemudian melaporkan 5 Komisioner KPUD Sidoarjo ke DKPP RI.
 
Rencananya, pemeriksaan 5 Komisioner KPUD Sidoarjo, di antaranya Zainal Abidin, Mokhamad Iskak, Miftakul Rohmah, Abdillah Adhi, dan Nanang Haromain oleh DKPP RI ini akan digelar sidangnya di kantor Bawaslu Jatim pada Sabtu, 9 Maret mendatang.
 
Menanggapi atas pemeriksaan ini, Ketua KPUD Sidoarjo, Zainal Abidin menyampaikan 5 komisioner akan datang penuhi pemeriksaan DKPP. "Saya yakin atas keputusan yang diambil dalam sidang pleno untuk melakukan pencoretan ke caleg tersebut sudah sesuai prosedur," tegasnya.
 
Pihak KPUD Sidoarjo menyampaikan sesuai dengan keputusan yang telah diputus di MA, pihaknya telah menerima salinan putusan dari MA yang menyatakan caleg atas Rifai telah diputus bersalah melakukan tindak pidana pemalsuan ijazah dan divonis hakim 5 bulan penjara dan telah inkrah.
 
Setelah mendatangi PN Sidoarjo untuk dibuatkan berita acara dan juga berkonsultasi dengan KPU Propinsi, akhirnya KPUD Sidoarjo memastikan caleg atas nama Rifai dicoret dari DCT pemilihan pileg DPRD Kabupaten Sidoarjo tahun 2019 ini.(end)

Berita Terkait


Caleg Alami Depresi, Dinas Kesehatan Sediakan Ruang Isolasi

Bagi Uang Caleg, Seorang Kurir Timses Kena OTT Warga

Kades Jadi Caleg DPR RI Dicoret Dari DCT

Samwil Caleg Untuk DPRD Jatim Selalu Peduli Nasip Nelayan


Bagi Uang Caleg, Seorang Kurir Timses Kena OTT Warga

Bawaslu Mulai Tertibkan APK Caleg dan Capes

Kades Jadi Caleg DPR RI Dicoret Dari DCT

Samwil Caleg Untuk DPRD Jatim Selalu Peduli Nasip Nelayan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber