Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Bahkan bibit tanaman sengon juga tak luput dari serangan ulat. Selain itu, warga yang bermukim disekitar lahan tersebut resah. foto Farid Fahlevi
Teror Ulat Ice Cream Serang Lahan Sengon Probolinggo
Senin, 04-03-2019 | 14:06 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Hama kayu atau ulat ice cream menyerang puluhan hektar tanaman kayu sengon milik warga Kabupaten Probolinggo. Akibat serangan ulat ini, semua daun tanaman sengon meranggas dan tinggal tulang daunnya.

Total ada 14 desa di Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, mendapatkan teror hama kayu atau biasa disebut warga ulat ice cream. Salah satunya lahan tanaman kayu sengon milik Samsul Muin, warga Desa Liprak Kidul, Kecamatan Banyuanyar, Probolinggo.

Serangan ulat ice cream ini terjadi sejak pertengah tahun 2018 lalu, pohon kayu sengon berumur 4 tahun terpaksa panen dini, akibat di serang hama menyerupai bentuk ice cream.

Dengan cepat ulat-ulat tersebut, melahap dedaunan bagian atas dan merusak pertumbuhan batang. "Bayangkan saja, selama seminggu saja, daun sengon seluas sekitar 1 hektar habis dimakan ulat ice cream," kata Samsul.

Ciri-ciri ulat ini mirip piramid berwana coklat dan tubuh ulatnya berwarna hitam kecoklatan. Uniknya ulat ini bisa melompat dari ranting ke ranting yang lain. Paling ditakutkan pemilik lahan, ulat terus merembet ke pemukiman warga. Sebab jarak lahan dengan pemukiman hanya beberapa meter saja.

Sementara itu menurut perangkat Desa Liprak Kidul saiful Hasan, teror ulat ice cream ini telah merusak tanaman pohon sengon. Ulat juga bisa menyebabkan gatal - gatal jika menempel ke kulit manusia. "Mengkhawatirkan warga, banyak pohon sengon dipanen dini. Hingga kini masih belum ada laporan warga soal serangan ulat ke rumah, dan berharap pemerintah turun ke lokasi lahan pertanian sengon untuk melakukan pembasmian," kata Saiful hasan. (pul)

Berita Terkait


Penyebab Berkembangbiaknya Ulat Bulu Tidak Seimbangnya Ekosistem Karena Perburuan Liar

Ulat Bulu Masuk Kelas, Aktifitas Belajr Mengajar Terganggu

Warga Basmi Ulat Bulu Dengan Insektisida

Ulat Bulu Serang 3 Desa di Pasuruan


Ulat Bulu Serang 3 Desa di Pasuruan

Hama Ulat Serang Tanaman Bawang Merah di Bojonegoro

Buang Ulat Pohon, Nenek Ditemukan Tewas Dalam Sumur

Razia Kendaraan Antisipasi Gerakan Kedaulatan Rakyat di Jakarta

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber