Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ribuan Umat Hindu Rayakan Upacara Melasti di Pantai Arafuru Kobangdikal
Minggu, 03-03-2019 | 14:26 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Berita Video : Ribuan Umat Hindu Rayakan Upacara Melasti di Pantai Arafuru Kobangdikal
Surabaya pojokpitu.com, Ribuan umat Hindu dari berbagai daerah di Jawa Timur, menggelar upacara melasti rangkaian dari hari raya nyepi, di Pantai Arafuru komplek markas kobangdikal.

Sebelum melakukan sembayang, lebih dulu dilakukan arak-arakan gulungan sesaji oleh umat Hindu, dimulai dari pura agung jagat arana jalan lumba-lumba menuju pesisir pantai arafuru.

Sebanyak 7000 umat hindu dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan, Minggu (3/3) pagi, menggelar upacara melasti, dengan melakukan arak-arakan mengusung gulungan sesaji, berjalan kaki sejauh 6 kilometer mulai dari pura agung jagat arana jalan Lumba-Lumba, Perak menuju pantai Arafuru, Komplek Akademi Angkatan Laut, Kobangdikal.

Setelah sesampainya di pesisir pantai, umat hindu langsung melakukan sembayang, diawali doa dan pembersihan diri dengan air suci. Proses sembayang berjalan khitmad, dipimpin ida pedanda gede negara jalakarana manuaba.

Upacara melasti ini merupakan rangkaian dari perayaan hari raya nyepi yang diperingati pada tanggal 7 Maret mendatang, dan tema tahun ini yaitu melalui catur brata penyepian, kita sukseskan pemilu 2019.

Seperti yang disampaikan Profesor Nyoman Sutantra, ketua walaka (penasehat) Parisada Hindu Dharma Indonesia, (PHDI), pesan hari raya nyepi pada tahun ini adalah toleransi yang harus diimplementasikan dengan nyata, terlebih ditahun politik.

"Karena itu untuk mensukseskan pemilu 2019, dengan saling menghormati satu sama lain meski berbeda pandangan, pendapat dan pilihan," jelas Prof. Nyoman Sutantra.

Dalam rangkaian hari raya nyepi ini, ada beberapa ritual yang dilakukan umat Hindu, antara lain melasti yaitu mensucikan badan kasar, tawur agung atau menyucikan badan halus, catur brata nyepi dan dharma santi. (yos)

Berita Terkait


Potensi Pawai Ogoh-Ogoh, Agenda Pariwisata Tahunan

Umat Hindu Rayakan Tahun Baru Dengan Ritual Ngembak Geni

Pasca Ditutup Selama 24 Jam, Pelabuhan Ketapang Dipadati Ribuan Kendaraan

Warga Muslim dan Ratusan TNI-Polri Ikut Menjaga Jalannya Ibadah Hari Raya Nyepi


Rayakan Nyepi Wisata Gunung Bromo Resmi Ditutup Selama 24 Jam

Sambut Nyepi Umat Hindu Gelar Kirab Ogoh-Ogoh

Jelang Nyepi, Pelabuhan Ketapang Mulai Padat Pemudik

Sambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Gelar Rirual Catur Brata

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber