Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Rancang Pendeteksi Gempa, Siswa Smp Raih Emas di Malaysia
Senin, 25-02-2019 | 22:06 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Jumlah pelajar Surabaya yang berhasil mengharumkan nama bangsa di event internasional terus bertambah. Kali ini, sebelas siswa SMP Al Hikmah Surabaya berhasil meraih medali emas dan perak di ajang Malaysia Technologi Expo Innovation Marketplace. Keberhasilan siswa tersebut setelah mampu membuat inovasi aplikasi pendeteksi gempa dan obat anti nyamuk demam berdarah dari rimpang jeringau.

Siswa SMP Al Hikmah Surabaya mendapat sambutan dari guru, orangtua dan siswa, saat tiba di Bandara Juanda, Minggu (24/2) malam. Sambutan meriah ini lantaran mampu menyisihkan 500 siswa dari berbagai negara di Asia.

Enam siswa yakni Achmad Firdaus Assabil, M. Ezra Satwika Narawangsa, Abel Gani, Afarel Febryan Ghiffari Putra, Haidarrozan Pramasony, dan Khosyi Waliyyul Fattah. Mereka mampu meraih medali emas berkat inovasi aplikasi pendeteksi gempa, atau smart earthquake detector.

Achmad Firdaus Assabil mengatakan, timnya memilih membuat aplikasi pendeteksi gempa, setelah prihatin atas banyaknya korban gempa. Hanya gara-gara tak mendapat informasi awal bila gempa akan datang. Assabil tak menduga bila timnya meraih medali emas. Padahal persiapan timnya hanya 1 bulan 15 hari.

"Alhamdulillah kami semua senang bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional. Bahwa Indonesia mampu untuk menemukan alat-alat canggih," kata Achmad Firdaus Assabil.

Sementara itu, keberhasilan juga diraih lima siswi SMP yang meraih medali merak, melalui inovasi obat anti nyamuk demam berdarah yang terbuat dari rimpang jeringau atau calamus mosquitoes reppelent. Atas sukses siswa ini, pihak sekolah akan mengembangkannya. Salah satunya akan mengintegrasikan alat pendeteksi gempa dengan internet of think. (pul)

Berita Terkait


Rancang Pendeteksi Gempa, Siswa Smp Raih Emas di Malaysia

Bocah Gwen Fara Agatha Meraih 4 Medali di kejuaraan Senam Thailand

Usai Sukses di Singapura, 2 pelajar SPEMMA Raih 5 Medali Robocup di Jepang

Malaysia Paksa Indonesia Puasa Medali Emas Selama 26 Tahun


Jatim Sapu Bersih Medali Emas Pra PON NTB

Cabor Tarung Derajad Tambah Tiga Medali Emas

Surabaya dan Malang Peraih Medali Terbanyak di Cabor Billiar

Raih 15 Medali Emas, Kontingen Kediri Juara Umum Cabor Angkat Besi Porprov VI Jatim

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber