Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Puluhan Warga Tutup Saluran Limbah Perusahaan Ikan
Kamis, 21-02-2019 | 19:01 wib
Oleh : Abdul Majid
Berita Video : Puluhan Warga Tutup Saluran Limbah Perusahaan Ikan
Pasuruan pojokpitu.com, Akibat limbah pabrik dianggap membahayakan, puluhan warga beramai-ramai menutup saluran air limbah perusahaan ikan, yang dibuang pemukiman padat penduduk di kawasan industri, Pasuruan. Mereka meminta, menajemen segera membuang kotoran pabrik ke luar kampung, karena kondisinya sangat meresahkan masyarakat.

Sebanyak 80 warga melakukan aksinya menutup saluran air limbah, PT. Sea Master, Desa Wonokoyo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, perusahaan yang memproduk udang.

Satu persatu material dimasukan ke dalam gorong-gorang limbah untuk tidak mengaliri ke wilayah warga dan sawah pertanian.

Selain itu, saluran ini ditutup total dengan cara dicor terdiri dari semen, pasir dan batu kecil membuat saluran perusahaan kemasan udang tutup total.

Korlap aksi penutupan limbah, Saad Muafi, emenjelaskan, aksi ini salah satu bentuk kekecewaan warga, setelah kasus ini sudah dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, untuk memberi sanki pecabutan ijin pembungan ipal.

Namun sampai saat ini belum ada respon dari perusahaan, padahal limbahnya sangat menganggu. Selain baunya menyengat, gatal-gatal dan menganggu pernapasan dan tak cocok untuk pertanian.

"Pasalnya limbah yang dibuang mulai dari kotoran produk udang, bekas kardus, darah pemotongan ayam dan beberapa limba lainnya mengandung kimia," jelas Saad Muafi.

Setelah melakukan penutupan saluran limbah, mereka menggelar doa bersama membaca tahlil untuk mendoakan menejemen sadar, kembali menyetop pembuang limba ke sungai untuk kepentingan warga dan diakhiri makan tumpeng.

Sementara pihak PT Seamaster, Desa Wonokoyo, berjanji dalam waktu dekat akan menggelar dialogis dengan warga untuk bisa menemukan jalan terbaiknya terkait limbah tersebut. (yos)

Berita Terkait


26 Buruh di PHK Sepihak, Ratusan Buruh Gelar Demo

Kantor KPU Magetan Diserang Massa Pendukung Caleg

Warga Laporkan Dugaan Korupsi Dana Desa ke Polres

Puluhan Anggota Koperasi Mitra Perkasa Minta Kejelasan Nasib


Demo Warga Tuntut Ganti Rugi Rumah dan Musholla Rusak, Akibat Proyek Jalan Menuju Apartemen

Diduga Ada Kecurangan, Pelantikan Perangkat Desa Didemo Warganya

Akses Pintu Keluar Sebabkan Macet, Giant Mall Malang Didemo Warga

Demo Warga Tuntut Kades Njiwut Ikut Program PTSL

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber