Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Puncak Imlek Warga Tionghoa di Kota Mojokerto Gelar Kirab Budaya dan Pawai Harmoni Kebangsaan
Minggu, 17-02-2019 | 14:02 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Puncak perayaan Imlek atau tahun baru cina, warga Tionghoa bersama ratusan masyarakat Kota Mojokerto, menggelar kirab budaya dan pawai harmoni kebangsaan. Berbagai kesenian barongsai, liang liong naga dan berbagai budaya adat Tiongkok dan Jawa dikirab keliling kota bersama poster atau foto Kyai Haji Abdurrahman Wahid, presiden RI ke 4, yang diakui warga Tionghoa sebagai tokoh pluralisme.

Kirab budaya dan pawai harmoni kebangsaan, yang merupakan puncak perayaan Imlek atau tahun baru Cina 2570/2019, berlangsung di halaman tempat ibadah Tri Dharma, Klenteng Hok Sian Kiong, Jalan Residen Pamuji, Kota Mojokerto, diramaikan dengan berbagai kreasi kesenian dan budaya dari Tiongkok dan Jawa.
 
Kegiatan kirab budaya dan pawai harmoni kebangsaan, yang diiukuti kurang lebih 1.600 peserta yang berasal dari warga Tionghoa, pelajar Kota Mojokerto serta anggota kepolisian Polres Mojokerto, menampilkan berbagai kesenian diantaranya, pawai barongsai, liang liong naga serta kreasi busana Tiongkok dan Jawa.
 
Selain mengirab barongsai dan liang liong naga, puluhan poster atau foto Kyai Haji Abdurrahman Wahid, presiden RI ke empat, juga dikirab oleh komunitas Gusdurian keliling Kota Mojokerto. "Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap sang tokoh pluralisme yang mengakui warga Tionghoa dan perayaan Imlek di Indonesia," kata Gede Sidartha, pengurus Klenteng Hok Sian Kiong.
 
Sementara perayaan Imlek atau tahun baru Cina yang diperingati setiap tahun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Tionghoa dan masyarakat Kota Mojokerto, yang ikut meramaikan dan memadati sejumlah ruas jalan untuk menyaksikan kirab budaya dan pawai harmoni kebangsaan, sehingga membuat jalan di Kota Mojokerto ditutup dan arus lalulintas macet.(end)

Berita Terkait


Puncak Imlek Warga Tionghoa di Kota Mojokerto Gelar Kirab Budaya dan Pawai Harmoni Kebangsaan

Jelang Perayaan Ceng Bing, Warga Tionghoa Bagi Sembako

Di Gedung Setan , Puluhan Warga Tionghoa Hidup Tidak Layak

Di Hari Imlek, Begini Harapan Pemain Keturunan Tionghoa


Warga Tionghoa Bersih-Bersih dan Hias Kelenteng Tjoe Tik Kiong

Lestarikan Budaya, Komunitas Tionghoa Nanggap Wayang Potehi

Ribuan Etnis Tionghoa Surabaya Ikut Upacara Kemerdekaan RI ke 73

Warga Tionghoa di Jombang Bagi Sembako Kepada Waraga Kurang Mampu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber