Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Kasus Pelanggaran Pemilu, Berkas Penyidikan Kades Dawuhan Dilimpahkan ke JPU
Sabtu, 16-02-2019 | 16:00 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Kasus dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Mariono , kepala Desa Dawuhan, telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun. Dalam kasus ini mariono terancam hukuman jeruji besi selama 1 tahun dan denda sebesar Rp 12 juta.

Tim sentra Gakkumdu dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Satreskrim Polres Madiun mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun. Kedatangan mereka dengan membawa berkas perkara kasus pelanggaran kampanye yang disangkakan kepada kepala Desa Dawuhan Kecamatan Pilangkenceng Mariono.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Madiun, Akhorin Siswanto,  mengatakan, seluruh berkas kasus perkara pemilu yang dilakukan kades dawuhan telah diserahkan ke Kejari Madiun. 

"Berkas tersebut merupakan hasil penyidikan kepolisian yang dilakukan sejak beberapa hari lalu," kata Akhorin Siswanto.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum Kejari Madiun, Toto Harmiko, mengatakan, berkas perkara tindak pemilu yang dilakukan kepala Desa Dawuhan Mariono akan diteliti selama tiga hari.

"Setelah berkas dinyatakan lengkap dan proses penelitian berkas selesai baru penyerahan tersangka dan barang bukti," kata Toto Harmiko.

Atas kasus ini tersangka akan dikenai pasal 490 UU NO. 7 tahun 2017 tentang pemilu dengan ancama hukuman maksimal 1 tahun penjara dan denda Rp12 juta.

Dalam kasus ini juga tersangka tidak dilakukan penahanan,  karena ancaman hukumannya dibawah 5 tahun. Setelah penyerahan tersangka dilakukan, 5 hari setelah itu akan dilakukan pelimpahan ke Pengadilan Negeri. (yos)




Berita Terkait


Kasus Pelanggaran Pemilu, Berkas Penyidikan Kades Dawuhan Dilimpahkan ke JPU


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber