Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Stok Jagung Melimpah, Menteri Pertanian Panen Raya Dan Memberi Bantuhan Kebutuhan Petani
Jum'at, 15-02-2019 | 14:55 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman optimis tahun ini, Indonesia bisa kembali melakukan eksport jagung. Hal ini mengacu pada melimpahnya hasil panen raya para petani jagung di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Selain panen raya, pada kesempatan ini menteri pertanian memberikan bantuan alat pengering jagung, traktor dan ke butuhan petani lainya.

Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya jagung di Desa Talun, Kecaatan Montong Tuban, Jawa Timur, Jumat (15/2) siang.

Pada kesempatan panen raya jagung kali ini, menteri pertanian mengaku optimis indonesia dapat kembali mengekspor jagung. Sebab, tahun 2017 lalu di bawah kepemimpinanya kementerian pertanian mampu tidak meng impor jagung.

Andi Amran Sulaiman menyampaikan, kebutuhan jagung didalam negeri masih tergolong surplus. Tahun 2018 Indonesia melakukan impor jagung sebanyak 100 ribu ton. "Akan tetapi ditahun yang sama Indonesia juga mengekspor jagung sebanyak 350 ribu ton," jelas Andi Amran Sulaiman.

Untuk tahun 2019 sendiri, menteri pertanian mentargetkan ekspor jagung dapat mencapai 500 ribu ton, karena melihat produksi jagung di beberapa daerah termasuk Tuban, Lamongan dan Gorontalo cukup masih tergolong surplus.

Pada kesempatan panen raya jagung tersebut, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga memberikan bantuan meliputi alat pengering jagung (vertical dryer red) kapasitas 10 ton,8 jam sebanyak 20 unit, traktor roda 4 sebanyak 10 unit,  traktor roda 2 sebanyak 19 unit, cultivator 5 unit serta bantuan lainya.

Diharapkan petani nantinya  mampu  untuk meningatkan produktifitas  jagung dan  bisa memenuhi kebutuhan peternak dalam negeri, sehingga masing masing pihak tidak ada yang merasa dirugikan. (yos)

Berita Terkait


Hadiri Panen Raya Jagung di Kabupaten Blitar

Stok Jagung Melimpah, Menteri Pertanian Panen Raya Dan Memberi Bantuhan Kebutuhan Petani

Kekeringan, Hasil Panen Jagung Turun Drastis


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber