Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

ODGJ di Probolinggo Ngamuk Bawa Parang dan Kapak
Jum'at, 15-02-2019 | 09:04 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Mengamuk dengan membawa parang dan kapak, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Probolinggo, Jawa Timur, terpaksa ditangkap tim gabungan, Polisi, Satpol PP dan anggota TNI. Sempat terjadi perlawanan saat tim hendak menangkap yang bersangkutan.

Bahkan tembakan peringatan sempat dilakukan untuk melumpuhkan ODGJ ini. Selanjutnya pria setengah baya ini dibawa ke kantor Satpol PP setempat dan dilanjutkan ke Rumah Sakit Jiwa Lawang.

Adalah Mujiyanto (50), warga Perumahan Pakistaji Asri, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, mengamuk dengan membawa parang dan golok di depan rumahnya.

Warga yang mulai resah akhirnya memanggil anggota Kepolisian, Satpol PP dan anggota TNI setempat. Negoisasi sempat berlangsung alot, Mujiyanto yang mengidap orang dengan gangguan jiwa terus menantang siapapun yang akan melawannya.

Dalam rekaman video yang diambil warga, petugas gabungan terus berusaha mengamankan bapak dua anak ini agar tidak melukai warga. Dalam penangkapan ini, petugas sempat melakukan penembakan peringatan. Bukannya takut, Muji malah semakin beringas mangacung-acungkan senjata tajam.

Akhirnya petugas melakukan tindakan tegas dengan memukul tangan Muji menggunakan balok kayu hingga parang dan kapak yang dibawanya jatuh. Selanjutnya petugas membawa ke kantor Satpol PP setempat.

Dengan tangan terborgol, Mujiyanto tampak santai berbicara panjang lebar di depan anggota Satpol PP.

Menurut Aming Rindawati, istri Mujiyanto, suaminya mengidap gangguan jiwa sejak tahun 2012. Meski tidak melukai warga dan keluarga, namun suaminya sering kali melakukan sesuatu yang meresahkan warga.

Sementara itu, Menurut Kasi Operasi Satpol PP Kota Probolinggo, Hendra Kusuma, pihaknya terpaksa mengamanakan yang bersangkutan ke Mako Satpol PP demi keselamatan warga.

Sesuai kesepakatan keluarga, mujiyanto akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Lawang Malang. (yos)

Berita Terkait


ODGJ di Probolinggo Ngamuk Bawa Parang dan Kapak


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber