Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kades Begal Diduga Terlibat Illegal Logging
Kamis, 14-02-2019 | 14:21 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Polhutmob Ngawi dan Polres Ngawi, mengamankan oknum kepala desa dan anak buahnya karena diduga terlibat pencurian kayu hutan perhutani. Dari keduanya diamankan barang bukti puluhan batang kayu jati berbagai ukuran.

Aktivitas ini merupakan tindak lanjut dari penyergapan Yusuf Setyono (43) kepala Desa Begal dan Sigit Setyawan (30) asal warga Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Ngawi. Keduanya disergap dan diamankan petugas gabungan pada tanggal 2 Februari 2019, saat sedang mengangkut kayu jati yang diduga berasal dari hutan perhutani.

Kasus tersebut, bermula dari banyaknya pohon jati yang hilang dari hutan milik perhutani KPH Ngawi, tepatnya di petak 26, RPH Begal. Setelah dilakukan pengintaian, petugas menyergap 2 pelaku illegal logging yang salah satunya adalah kepala desa begal.

Suswantoro, Petugas Polhutmob Ngawi menjelaskan, sebanyak 20 batang lebih kayu jati curian, dari berbagai ukuran diamankan petugas dari sejumlah lokasi, mulai dari dalam rumah kepala desa, hingga kayu yang masih di sembunyikan dalam hutan.

"Petugas juga menyita gergaji mesin yang disembunyikan di kolong tempat tidur kepala desa. Dua unit gerobak sebagai  alat pengangkut kayu berukuran besar, turut diamankan," kata Suswantoro, Petugas Polhutmob Ngawi.

Dalam pemeriksaan, Yusup Setyono mengaku, kayu jati yang dibawa saat disergap petugas, berasal dari kebun miliknya.

AKP Muh Indra Nadjib, Kasat Reskrim Polres Ngawi, mengatakan, petugas melakukan lacak balak untuk memastikan asal usul kayu jati. "Sejumlah tunggak, bekas potongan kayu jati diperiksa oleh petugas. Hingga kini, kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan, di kantor Satreskrim Polres Ngawi," ucap AKP Muh Indra Nadjib.

Kasus pencurian kayu hutan perhutani yang diduga melibatkan Oknum Kepala Desa Begal, kini dalam penanganan Satreskrim Polres Ngawi.

Pihak berwajib menegaskan tidak akan pandang bulu, dalam penegakan hukum. (yos)

Berita Terkait


Kepergok, Tiga Pencuri Kayu Sono Keling Diringkus Polsek Dampit

Diduga Terlibat Kasus Illegal Logging, Oknum Kades Diciduk Polisi

Kades Begal Diduga Terlibat Illegal Logging


Tekan Illegal Logging, Jatim Permudah Pengurusan Ijin Legalitas Kayu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber