Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Plengsengan Jembatan Ambrol, Akses 2 Kecamatan Tersendat
Selasa, 12-02-2019 | 20:02 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Plengsengan jembatan penghubung Kecamatan Tlogosari dan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso, ambrol akibat tergerus air sungai gunung raung. Akses sempat lumpuh, namun warga terpaksa membuat jembatan bambu secara gotong royong, karena pemerintah setempat masih belum melakukan tindakan.

Kondisi ambruknya plengsengan jembatan balut, penghubung kecamatan togosari yakni Desa Gunosari dan Kecamatan Sumberwringin. Batas penahan air tersebut ambruk pada Minggu petang, yang diakibatkan oleh gerusan air dengan intensitas tinggi dari sungai balut aliran gunung raung.

Tak hanya plengsengan, hujan deras yang berakibat banjir di sungai sejak minggu siang, mengakibatkan badan jalan beraspal juga ikut ambruk terbawa air. Sehingga kondisi jalan tepat diujung jembatan berlobang dengan diameter terpanjang sekitar 5 meter.

Beruntung saat kejadian tidak ada satupun warga yang melintas diatas jembatan. Sehari-harinya jembatan balut menjadi akses terdekat warga dari Tlogosari menuju lokasi kebun di Kecamatan Sumberwringin.

Menurut Rosi, seorang warga setempat menjelaskan, pengait besi beton penahan plengsengan memang sudah tidak ada karena jatuh sejak beberapa hari lalu.

Kemudian hujan deras turun sejak Minggu siang dan mengakibatkan air sungai yang biasanya kecil naik drastis secara tiba-tiba. "Tak hanya itu, aliran air hujan melalui jalan raya karena tidak memiliki saluran, sehingga menyebabkan air mengalir melalui plengsengan jembatan," jelas Rosi.

Pasca kejadian akses sempat lumpuh, namun warga dengan terpaksa membuat jembatan bambu secara gotong royong. Karena pihak pemerintah setempat masih belum melakukan tindakan. (yos)

Berita Terkait


Pasca Jembatan Ditutup, Dishub Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

Arus Lalu Lintas Terputus, Jalur Utama Ngawi-Surabaya Ditutup

Jatuh Dari Jembatan, Seorang Warga Nganjuk Tewas

Membahayakan Warga, Plat Lantai Jembatan Gantung Rusak


Banjir di Tuban Akibatkan Jalan Ambles dan Jembatan Terancam Ambruk

GEGER, Mayat Dalam Koper Ditemukan di Bawah Jembatan Udanawu

Membahayakan Warga, Plat Lantai Jembatan Gantung Rusak

Tak Kunjung Diresmikan, Rambu Pembatas Jalur Jembatan Sembayat Banyak yang Hilang

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber