Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Pelajar Dilibatkan Pencegahan DBD
Selasa, 12-02-2019 | 04:07 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), yang terus meluas di Kabupaten Ngawi, para pelajar dilibatkan dalam pemberantasan sarang nyamuk. Lingkungan sekolah, menjadi salah satu zona rawan serangan nyamuk aedes aegipty.

Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk, dilakukan di sekolah menengah pertama negeri 1, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi.

Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar bersama sejumlah petugas dari Dinas Kesehatan setempat, ikut serta  memeriksa jentik di toilet  sekolah.

Kegiatan ini dilakukan, untuk mengantisipasi meningkatnya serangan penyakit demam berdarah. Dalam 3 bulan terakhir, di Kabupaten Ngawi, korban DBD tercatat sebanyak 588 warga, 5 orang diantaranya meninggal dunia.

Ironisnya salah satu korbannya seorang pelajar, yaitu  Ayunda Rizky Wijaya, (9) siswi kelas 3 SD Muhammadyah 1 Ngawi. Gadis kecil tersebut, meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif, di rumah sakit.

Ony Anwar, Wakil Bupati Ngawi, mengatakan, setiap sekolah di Kabupaten Ngawi, diwajibkan setiap 1 Minggu sekali melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk.

Barang bekas yang dapat menampung air hujan, segera disingkirkan dan dimusnahkan, untuk memutus siklus perkembangbiakan nyamuk aedes aegipty.

"Saya berharap pelajar meningkatkan kewaspadaan, karena lingkungan sekolah rawan serangan nyamuk aedes aegipty, yang berlangsung sekitar jam 8 hingga jam 10 pagi," ucap Ony Anwar.

Serangan demam berdarah, dalam kurun waktu 3 bulan terakhir juga mewabah di Kecamatan Pitu. Salah satu pelajar SMP negeri 1 Pitu, juga menjadi korban, namun tidak sampai sakit parah.

Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), juga digelar di sejumlah sekolah lainnya yang terindikasi penularan demam berdarah. Biasanya sebelum dilakukan PSN, sekolah sudah dilakukan pengasapan terlebih dahulu. (yos)

Berita Terkait


Pertolongan Pertama Saat Terserang Demam Berdarah

Lihat Nich, Aksi Ibu-Ibu Konvoi Cegah Demam Berdarah

Status KLB Demam Berdarah Ponorogo Dicabut

Status KLB Demam Berdarah di Ponorogo Diperpanjang


Pelajar Dilibatkan Pencegahan DBD

Penderita DBD Meningkat, Dinkes Magetan Belum Tetapkan KLB

Cegah DBD, Emak-Emak Bikin Ramuan Perangkap Nyamuk

Serangan DBD Tak Pandang Usia Korban

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber