Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Walikota : Pemilik Surat Ijo Wajib Bayar, Jika Tidak Pemkot Akan Tarik Aset
Senin, 11-02-2019 | 18:24 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Walikota Surabaya Tri Rismaharini angkat bicara soal maraknya gerakan warga pemegang surat ijo yang menolak membayar sewa tanah ke Pemkot dan mengajukan pelepasan lahan. Walikota dua periode itu menegaskan jika pemegang surat ijo tidak mau membayar sewa, maka konsekuensinya harus rela aset itu ditarik Pemkot Surabaya.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini, mengatakan, Pemkot tidak bisa melakukan pelepasan surat ijo secara cuma-cuma. Pelepasan surat ijo harus dilakukan sesuai aturan senilai harga appreisal dan warga harus tetap membayar sewa. "Karena dalam aturan administrasi pemerintahan, harus ada hubungan hukum pada pemakai aset Pemkot Surabaya. Lahan surat ijo sudah tercatat sebagai aset pemerintah kota," tutur Tri Rismaharini.

Walikota dua periode itu menegaskan, jika warga tidak mau membayar sewa, maka konsekuensinya harus rela jika aset itu ditarik Pemkot Surabaya, karena dirinya tidak ingin dianggap merugikan negara. Risma berharap agar warga masyarakat tidak melanggar aturan, apalagi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) nanti pasti akan turun dan melakukan audit.

Sementara itu Baktiono, anggota Komisi B DPRD Surabaya meminta Pemkot Surabaya, yakni Walikota Surabaya mendiskusikan secara serius untuk mendapatkan penyelesaian surat ijo, karena permasalahan ini akan terus menjadi polemik jika Pemkot tidak melakukan pelepasan.

"Namun pelepasan itu tidak dilakukan secara keseluruhan, melainkan harus melewati kajian yang matang, dan pelepasan dilakukan untuk perorangan dengan menunjukan bukti kepemilikan. Selain itu, juga ada revisi perda untuk melakukan pelepasan," terang Baktiono, anggota Komisi B DPRD Surabaya.(end)

Berita Terkait


Dewan Konsultasikan Penghapusan Retribusi Surat Ijo Ke Kejaksaan dan Kepolisian

Walikota : Pemilik Surat Ijo Wajib Bayar, Jika Tidak Pemkot Akan Tarik Aset

Retribusi Surat Ijo Dinilai Bertentangan dengan Peraturan Pemerintah

Warga Minta Walikota Bersedia Dialog Soal Surat Ijo


Warga Minta Walikota Bersedia Dialog Soal Surat Ijo

Pemkot Tidak Bisa Batalkan Pembayaran Retribusi Surat Ijo

Sebanyak 46 Ribu Kavling Tanah Surat Ijo Belum Jelas Kepemilikannya

Pemkot Dianggap Tidak Punya Kepemilikan, GPHSIS Tolak Bayar Surat Ijo

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber