Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Memalukan, 3 Wartawan Bodrex Diringkus Polisi di Hari Pers
Jum'at, 08-02-2019 | 17:10 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Tim Saber Pungli Polres Malang menangkap tangan tiga oknum wartawan bodrex yang melakukan pemerasan terhadap guru sekolah di wilayah Kecamatan Pakis.

Modus pelaku mengancam akan memuat berita tentang siswa yang tertusuk gunting. Atau pihak sekolah membayar uang sebesar Rp 7,5 juta. Ketiga pelaku itu Muh Suyuti (48) warga Sumberkradenan, Yanto (31) warga Asrikaton Kecamatan Pakis dan Dahri (40) warga Tambak Asri Surabaya.

Menurut Menurut AKBP Yade Setiawan Ujung, Kapolres Malang, awalnya para pelaku mendapatkan kabar salah satu siswa di Pakis mengalami kecelakaan luka tusuk akibat gunting. Kemudian pelaku mendekati pihak guru, dan meminta uang agar tidak diberitakan.

"Mereka meminta sejumlah uang Rp 7,5 juta untuk menutup mulut agar tidak diberitakan, namun pihak sekolah keberatan dan menawar dengan Rp 2 juta sesuai kemampuan guru," kata AKBP Yade Setiawan Ujung.

Para pelaku ini juga mengaku dari sebuah LSM dan memiliki surat tugas dari pemantau keuangan negara. Serta sejumlah id card wartawan seperti Radar Nasional, Seputar Malang serta Kartu PWRI.

Guru yang menjadi korban, Winarjo (59) kemudian menyerahkan uang diruang kepala sekolah. Saat proses transaksi itulah, pelaku berhasil diringkus polisi.

"Sudah 3 kali para pelaku melakukan pemerasan dalam berbagai kasus untuk tidak diberitakan, dan juga sudah meresahkan masyarakat dengan modus pemerasan," tambah AKBP Yade Setiawan Ujung.

atas perbuatannya, ketiga oknum wartawan bodrex tersebut dijerat dengan pasal 368 KUHP tentang pemerasan, ancaman hukumannya hingga 9 tahun kurungan penjara. (pul)

Berita Terkait


Memalukan, 3 Wartawan Bodrex Diringkus Polisi di Hari Pers

Jokowi Akan Tinjau Ulang Pemberian Remisi untuk Pembunuh Wartawan

Aksi Tolak Remisi Terhadap Pembunuh Jurnalis

Aksi Solidaritas Puluhan Wartawan Dan Advokat Situbondo, Cabut Remisi I Yoman Susrama


Stok Trombosit Menipis, Wartawan Gelar Aksi Donor Darah

Pimred Jawa Pos Tagih Janji Presiden Soal Remisi Pelaku Pembunuhan Terhadap Wartawan

Jokowi Batalkan Remisi Pembunuh Wartawan Radar Bali

Wartawan Lumajang Gelar Dialog Publik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber