Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Barang haram itu dibawa salah satu penumpang Airasia, rute Kuala Lumpur-Surabaya. Foto Muji
Ahmad Zuhari Ditangkap Selundupkan Sabu 1,1 Kilogram
Jum'at, 08-02-2019 | 16:02 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Petugas Gabungan Customs Narcotic Team (TNT) Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo, berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 1,110 kilogram, yang disembunyikan dalam shockbreaker sepeda motor.

Pelaku pembawa sabu Ahmad Zuhari (26) warga Jalan MT Haryono, Datuk Bandar Timur Tanjung Balai Sumatra Utara. Pelaku ditangkap usai turun dari pesawat Airasia nomor penerbangan QZ -325, rute Kuala Lumpur-Surabaya.

Saat itu pelaku diketahui membawa kardus, berisi spare part sepeda motor, yaitu delapan buah shockbreaker. Petugas yang membongkar kardus dan memeriksa shockbreaker tersebut, mendapati ada bungkusan plastik berisi serbuk putih yang ternyata sabu.

Upaya penyelundupan barang haram ini nyaris lolos, karena sabu sempat tidak terdeteksi alat x-ray. Sabu disembunyikan dalam shockbreaker.

Menurut Budi Harijanto-Kepala Bea Dan Cukai Juanda, pada hari yang berbeda, Petugas Bea Cukai Juanda juga menggagalkan, upaya penyelundupan sabu seberat 525 gram sabu. Saat itu petugas Bea Cukai Juanda mendapatkan informasi dari intelijen Bea Cukai Batam, bahwa telah menangkap seorang berinisial O, penumpang Lion Air nomor penerbangan JT 948 rute Kualanamu-Batam-Surabaya.

Ketika diinterogasi, pelaku mengaku membuang sabu yang dibawanya ke dalam pesawat. Petugas Bea Cukai Bandara Juanda kemudian melakukan pencarian, dan mendapati 4 bungkus plastik hitam berisi sabu. "Barang bukti sabu akan diserahkan ke Bea Cukai Batam, untuk penindakan hukum lebih lanjut," kata Budi Harijanto.

Kedua tersangka akan dijerat dengan undang-undang nomer 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 5 tahun hingga hukuman mati. "Dari pengalaman penyelundupan methampetamine seberat 1,635 kilogram telah menyelamatkan 3.270 generasi muda Indonesia dari pengaruh buruk narkoba," jelas Budi Harijanto. (pul)

Berita Terkait


Pengedar Narkoba di Terminal Bungurasih Dibekuk, Polisi Amankan Barang Bukti 20,91 Gram Sabu-Sabu

BNNK Sidoarjo Musnahkan Barang Bukti Sabu 2,6 Kg

Janda Dua Anak Warga Mojokerto Terlibat Pengedaran Sabu Jaringan Lapas Porong Sidoarjo

Cari Jalan Pintas, Pasutri Jualan Narkoba Ditangkap Polisi


Gunakan Sabu-Sabu, Sales Parfum Keliling Ditangkap Polisi

Demi Beli Susu Anak, Sopir Truk Nekat Jual Sabu-Sabu

Agar Stamina Kuat, Sopir Alat Berat Hisap Sabu Berulang Kali

Sedikitnya 3 Sopir Dimanakan Polisi Saat Konsumsi Sabu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber