Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Batu Nisan Adipati Menak Sopal di Trenggalek, Hilang
Jum'at, 08-02-2019 | 09:17 wib
Oleh : Herlambang Mochammad, Simon
Trenggealek pojokpitu.com, Tim dari Disbudpar Provinsi Jatim kunjungi Kabupaten Trenggalek, terkait laporan dari Disparbud Trenggalek, tentang hilangnya batu nisan makam adipati menak sopal yang merupakan salah satu tokoh leluhur masyarakat Trenggalek.

Tim dari Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, menindaklanjuti laporan dari Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek, tentang hilangnya batu nisan dan pohon jenar di makam adipati menak sopal yang merupakan tokoh leluhur di Trenggalek.

Menurut pihak Disparbud Trenggalek, setelah kemarin dinas melaporkan ke provinsi ini adalah salah satu tindaklanjutnya. Dari adanya tindaklanjutnya ini diharapkan agar mejadi pantauan provinsi ataupun daerah.

Endang Prasanti, Kabid Cagar Budaya dan Sejarah Disbudpar Pemprov Jatim, mengatakan, tim dari Disparbud Jatim melakukan pengecekan terkait kebenaran hilangnya batu nisan dan pohon jenar makam adipati menak sopal.

"Kita meminta agar Pemkab Trenggalek lebih serius untuk melakukan penjagaan peninggalan-peninggalan bersejarah yang ada di Trenggalek," jelas Endang Prasanti.

Usai berkoordinasi dengan Disparbud Kabupaten Trenggalek dan melihat langsung di tempat, memang benar terjadi. Batu nisan adipati menak sopal dan makam ibunya yang berada tepat disebelahnya hilang di bagian kakinya.

Disparbud menambahkan, pihak kepolisian setempat telah menindaklanjuti laporan tersebut. Namun bukan perkara tentang pencurian yang menjadi poin penting, tetapi juga harus adanya pemahaman masyarakat tentang penjagaan peninggalan bersejarah.

"Pemprov jatim telah menjabarkan di undang-undang nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya diamanatkan, bahwa setiap kabupaten atau kota harus mempunyai tim ahli perihal cagar budaya," kata Endang Prasanti.

Setelah objek masuk sebagai cagar budaya yang ditetapkan oleh bupati ataupun gubernur, maka pemerintah daerah harus bisa melakukan kerjasama dengan pusat terkait penanganan dan pemanfaatannya.

Berita Terkait


Batu Nisan Adipati Menak Sopal di Trenggalek, Hilang

Batu Nisan Raksasa Akhirnya Dirobohkan

Belum Dibongkar, Batu Nisan Raksasa Jadi Tempat Wisata Dadakan

Dipanggil Bakorpakem, Binatos Ikhlas Batu Nisan Dirobohkan


Pemilik Batu Nisan Raksasa Di Mata Pengikut dan Keluarga

Viral, Seorang Warga Buat Dua Patung Mirip Batu Nisan Raksasa Setinggi 15 Meter

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber