Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Budidaya Lalat Tentara Hitam Mampu Membawa Berkah Bagi Warga Pengangguran
Jum'at, 08-02-2019 | 03:20 wib
Oleh : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Berita Video : Budidaya Lalat Tentara Hitam Mampu Membawa Berkah Bagi Warga Pengangguran
Banyuwangi pojokpitu.com, Budi daya lalat hitam sepertinya masih jarang ditemukan di Banyuwangi. Namun kali ini, budi daya tersebut sudah ada di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Dengan adanya budi daya lalat hitam tersebut, kini mampu membawa berkah bagi warga sekitar pantai lantaran bisa menyerap puluhan tenaga kerja yang mulanya pengangguran.

Lalat tentara hitam Black Soldier Flay (BSF) ternyata bisa di budidaya untuk membantu warga nelayan, yang saat ini menganggur lantaran sulitnya tangkapan ikan.

Budi daya lalat black soldier flaymeski masih dikelola 2 bulan ini oleh Desa Tembok Rejo Kecamatan Muncar, melalui program bumdes. Namun mampu memberikan berkah bagi warga yang pengangguran maupun warga pekerja serabutan.

Kurang lebih puluhan warga yang saat ini bekerja di budidaya ternak ulat tersebut. Bahkan mereka sudah menjadi karyawan tetap dengan upah yang lumayan dalam perbulannya, sehingga masyarakat desa tersebut kini tidak kesulitan mencari pekerjaan.

Hal ini tidak luput dari inspirasi atau gagasan Sumarto selaku kepala Desa Tembok Rejo, yang selama ini selalu gigih memperjuangkan warganya, yang tidak mempunyai pekerjaan tetap. Bahkan akhir akhir ini, banyak warganya yang melamar untuk bekerja di tempat budi daya lalat tersebut.

Salah satu karyawan, Nia, menjelaskan, proses budidaya lalat ini tidaklah sulit, hanya tergantung dari banyaknnya pakan yang diberikan.

"Dengan pakan sebanyak 60 ton sampah basah mampu menghasilkan 4 kwintal pupa yang berbentuk ulat dari proses telur yang dihasilkan lalat tersebut," jelas Nia.

Hasil dari budidaya lalat tersebut dalam perharinya mampu meraup ratusan ribu rupiah. Semetara pemasok pupa atau ulat dari tetasan telur lalat itu dari kalangan ternak lele maupun burung seharga 5000 per kilogramnya.

Tak hanya itu, rencananya budidaya ini akan akan tingkatkan sehingga akan bisa lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja dari masyarakat kami untuk peningkatan taraf ekonomi mereka. (yos)

Berita Terkait


Budidaya Lalat Tentara Hitam Mampu Membawa Berkah Bagi Warga Pengangguran

Ternak Lalat Tentara Hitam Penuh Manfaat


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber