Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Satu pedagang dalam sehari mampu menjual hingga 5 ribu burung. Burung-burung ini dibeli umat Tridharma untuk dilepaskan kembali ke alam liar sebagai tolak balak. Foto Khusni
Berkah Imlek, Penjual Burung Peking Kebanjiran Pembeli
Rabu, 06-02-2019 | 12:32 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Perayaan tahun baru imlek ke 2570 tahun, Di Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban, membawa berkah tersendiri bagi para pedagang burung. Para penjual burung kebanjiran pembeli.

Sejak pergatian tahun baru Cina kemarin, mereka sudah menunggu di depan pintu masuk klentheng terbesar se Asia Tenggara. Untuk melayani para jemaat yang ingin membeli burung.

Umat Tridharma meyakini, jika pada tiap perayaan tahun baru imlek, shio yang bertolak belakang dengan shio tahun imlek akan disebut jiong. Sehingga shio yang jiong harus melakukan ciswak, atau ritual tolak balak.

Ritual tolak balak untuk membuang sial atau marabahaya. Baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Salah satunya dengan melepas burung ke alam liar. Menurut Yayuk, Umat Tridarma Dari Semarang, melepaskan burung ini juga akan membawa berkah serta keselamatan dan mendatangkan rejeki.

Pada perayaaan imlek ini, penjualan burung meningkat drastis. Joko salah satu pedagang mengaku, sejak dua hari menjelang imlek mampu menjual burung hingga 5 ribu ekor per hari. Sedangkan pada hari-hari sembahyang biasa, hanya laku terjual antara 100 ekor saja.

Sementara itu, meskipun libur imlek telah usai, Klentheng Kwan Sing Bio Tuban masih ramai pengunjung. Mereka datang dari berbagai daerah ini, untuk sembahyang juga berwisata di klentheng yang mempunyai patung Dewa Kwan Sing Tee Koen, dengan tinggi lebih 30 meter tersebut. (pul)

Berita Terkait


Tahun Tikus Logam, Ini Arah Fengsui untuk Keberuntungan

Libur Imlek Bongkar Muat di Pelabuhan Rakyat Gresik Sepi

Imlek, Tradisi Unjung - Unjung di Kampung Pecinan Kapasan Dalam

Pohon Angpau Untuk Pengunjung KBS


Jaga Kenyamanan Warga Tionghoa Rayakan Imlek, Polres Bangkalan Siagakan Personel

Malam Imlek, Umat Tri Dharma Gelar Ritual Doa dan Sembahyang Bersama

Libur Imlek, Warga Suabaya Berebut Keluar Kota Hingga Menyebabkan Kemacetan Panjang

Konsumsi Gas LPG dan BBM Diprediksi Naik 5 Persen Saat Imlek
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber