Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Penderita Demam Berdarah di Probolinggo Meningkat 50 Persen
Rabu, 06-02-2019 | 01:13 wib
Oleh : Farid Fahlevi
probolinggo pojokpitu.com, Penderita demam berdarah di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur meningkat drastis mencapai 50 persen lebih, akibat wabah ini 1 penderita meninggal dunia. Pada akhir bulan Januari saja sudah 43 pasien dirawat di rumah sakit setempat.

Dalam kurun sebulan terakhir, penderita demam berdarah yang rawat inap di Rumah Sakit Waluyo Jati Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, terus mengalami peningkatan.

Pada akhir bulan Januari 2019 saja sudah 43 pasien menjalani rawat inap di rumah sakit ini. Rata-rata penderita anak-anak dibawah usia 15 tahun.

Pada tahun 2018 bulan januari penderita demam perbarah hanya 27 orang. Pada tahun 2019 mengalami peningkatan 53 persen, wabah ini merupakan siklus 3 tahunan.

Pada tahun 2016 ada 400 kasus, tahun 2017 ada 250 kasus, 2018 ada 80 kasus, sedangkan tahun 2019 bulan januari saja sudah 88 kasus. Kemungkinan beberapa bulan ke depan bakal terus naik.

Nyamuk ini memang lebih inten menyerang anak-anak, perkembang biakan justru di genangan air jernih sehingga banyak tidak disadari warga.

Menurut direktur rumah sakit waluyo jati, Dokter Endang Astuti, siklus DBD merupakan siklus 3 tahunan, dimana wabah nyamuk pada tahun ini bakal meningkat drastis. Pada akhir tahun 2018 lalu 1 pasien meninggal dunia.

"Peningkatan wabah bisa ditekan seminim mungkin dengan cara hidup sehat, dengan melakukan 3 m, menguras, menutup mengubur," jelas dr. Endang Astuti.

Petugas berharap agar warga selalu aktif menjaga kebersihan dan memantau anak-anaknya dalam beraktifitas, baik didalam rumah maupun di luar rumah. (yos)

Berita Terkait


Pertolongan Pertama Saat Terserang Demam Berdarah

Lihat Nich, Aksi Ibu-Ibu Konvoi Cegah Demam Berdarah

Status KLB Demam Berdarah Ponorogo Dicabut

Status KLB Demam Berdarah di Ponorogo Diperpanjang


Pelajar Dilibatkan Pencegahan DBD

Penderita DBD Meningkat, Dinkes Magetan Belum Tetapkan KLB

Cegah DBD, Emak-Emak Bikin Ramuan Perangkap Nyamuk

Serangan DBD Tak Pandang Usia Korban

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber