Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Puncak peringatan hari raya imlek 2570, di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban berlangsung sederhana. Perayaan dilakukan dengan menggelar ritual doa bersama. Foto Khusni
Malam Imlek, Umat Tri Dharma Gelar Doa Bersama
Selasa, 05-02-2019 | 12:46 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Pergantian tahun baru china, diperingati para umat Tri Dharma di seluruh dunia. Termasuk di tempat ibadah tri dharma Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban.

Di klenteng terbesar se asia tenggara ini, suasana pergantian Tahun Baru Cina nampak terasa sejak pintu masuk. Patung babi dan ratusan lampion serta pernak-pernik imlek terpasang disemua sudut ruangan.

Meski demikian, peringatan tahun baru imlek hanya digelar secara sederhana. Para Umat Tri Dharma hanya memperingatinya dengan melakukan ritual suci. Yakni doa bersama. Ritual yang diikuti puluhan jamaah dari wilayah Tuban ini berlangsung khusyu.

Sembahyang dibagi dalam tiga tahap. Pertama, menghadap kepada Tian, atau Tuhan Yang Maha Esa dengan tujuan agar mendapatkan berkah dan keselamatan.

Kedua, ditujukan kepada Kong Co Kwan Sing Tee Koen, dewa bagi umat Tri Dharma di klenteng setempat. Dan ke tiga, ritual sembahyang di altar Tri Nabi, yang di tujukan kepada tiga dewa, masing masing dewa Umat Budha, Umat Tao, dan Umat Kong Hu Chu.

Pada tahun ini, hari raya imlek ke 2570 dibawah naungan babi kayu, yang dipercaya umat sebagai tahun pembawa kemakmuran. Gunawan Putra Wirawan, Ketua Klenteng Kwan Sing Bio Tuban berharap pada tahun baru imlek ini, Bangsa Indonesia menjadi lebih makmur.

Sementara acara puncak imlek besok yaitu Pai Cia, yang artinya saling memberikan ucapan selamat imlek kepada seluruh umat. Selain itu, juga akan ada atraksi barongsai dan bagi-bagi angpau. (pul)

Berita Terkait


Upacara Tolak Balak di Klenteng Tertua Surabaya

Rayakan Imlek Warga Tionghoa Blitar Gelar Kirap Barongsai

Hadiri Perayaan Imlek, Jokowi Ajak Warga Jangan Golput

Berkah Imlek, Penjual Burung Peking Kebanjiran Pembeli


Tahun Baru Imlek, Momen Minoritas Tionghoa di Pacitan Berkumpul

Juru Parkir Pemain Kepala Barongsai Mendapat Berkah di Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek Menjadi Berkah Bagi Pedagang Pernak-Pernik

Malam Imlek, Umat Tri Dharma Gelar Doa Bersama

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber